1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Indra    23 Januari 2015 17:18

    Cara Sehat Santap Mie Instan

    Makan mie instan ada syaratanya. Benarkah?

    Feed - Banyak yang menganggap kalau mie instan itu makanan yang miskin gizi, tak baik untuk kesehatan, dan cenderung berbahaya. Namun kenyataannya, peran mie instan tak bisa digantikan. Makanan berbahan dasar tepung itu sangat akrab di perut orang Indonesia dan kerap jadi alternatif ketika lapar menyerang.

    Simpang-siur soal bahaya mie instan memang sulit dibuktikan. Tapi kalau sampai melarang untuk mengkonsumsi mie instan, itu langkah yang salah. Hal itu sebabkan karena mie instan merupakan sumber karbohidrat.

    Cara pengolahan mie instant yang harus jadi perhatiannya. Salah satu cara yang paling aman untuk menikmati mie instan yakni dengan cara menyehatkan mie instan itu sendiri. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

    1. Kurangi bumbu dan minyaknya

    via solonewspaper.com

    Mie instan merupakan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Namun apabila terlalu banyak melewati proses pemasakan, sumber karbohidrat perlahan terkikis dan menjadi kurang sehat.

    Kemasan mie instan terdapat bumbu dan minyak. Di dalam bumbu banyak mengandung garam, penyedap dan lemak. Seperti yang sudah diketahui terlalu banyak mengkonsumsi garam, penyedap dan lemak bisa merugikan kesehatan.

    Itu artinya bumbu penyedap dalam kemasan mie instan bisa membahayakan jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh. Agar sehat mengkonsumsi mie instan, kurangi bumbu dan minyaknya. Hal itu dimaksudkan agar mengurangi asupan lemak, terlebih untuk anak-anak. Baca selengkapnya di sini via tribunnews.com.

    2. Campur Sayuran Atau Sumber Protein

    via bestprofit-banjarmasin.com

    Mie instan akan memiliki dampak yang tidak sehat jika hanya dikonsumi mienya saja. Makanan yang terbuat dari tepung terigu sebaiknya ditambah dengan asupan yang mengandung gizi komplit untuk tubuh.

    Sayuran dan telur misalnya. Hal dilakukan agar komposisi zat yang masuk ke dalam tubuh ideal. 60 persen karbohidrat, 15-20 persen protein dan 30 persen lemak. Baca selengkapnya di sini via tribunnews.com.

    3. Jangan Pakai Nasi

    via rumivirus

    Mengapa mengkonsumsi mie instan pakai nasi itu tidak sehat? Hal itu disebabkan karena keduanya adalah sumber karbohidrat dan mengandung kalori cukup tinggi.

    Apabila keduanya sering dikonsumsi bersamaan, maka kalori yang masuk ke dalam tubuh manusia bisa melebihi batas normal, yang artinya bisa membuat tubuh Anda melar. Baca selengkapnya di sini via dream.co.id.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES