1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Anisha    15 April 2016 14:14

    ABCDE, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

    Ada lima hal yang bisa Anda lakukan bila melihat korban kecelakaan.

    Feed.merdeka.com - Penanganan mereka yang menjadi korban kecelakaan tidak boleh sembarangan. Untuk melakukan pertolongan pertama kala melihat korban kecelakaan, warga awam bisa melakukan saran yang dianjurkan oleh dr. Roys Pangayoman, SpB dari RS Siloam TB Simatupang.

    Ia mengatakan bahwa setiap pasien yang mengalami kecelakaan dan mengalami luka-luka, belum tentu hal tersebut merupakan yang terpenting. Dicurigai selain luka, ada peranan lain yang dapat memengaruhi kondisi psikis pasien.

    "Untuk pertolongan pertama, pasien harus segera ditangani dengan prinsip ABCDE yakni Airways atau memeriksa pernapasan, Breathing atau memeriksa jalur napas, Circulation atau memeriksa tekanan darah (nadi), Disability atau memeriksa kemampuan berkomunikasi, serta Exposure atau menggenggam tangan pasien agar tidak hipotermia (kedinginan)," ungkap Dr. Roys saat si temui di bilangan TB. Simatupang, Jakarta Selatan

    Kelima hal ini sangat utama dilakukan pada saat pertolongan pertama, untuk mencegah kematian pada pasien. Hal ini pun dapat dilakukan oleh siapa saja selain paramedis. Namun, jika hal tersebut tidak dapat dilakukan sebaiknya segera menghubungi pihak rumah sakit terdekat.

    "Dokter harus pandai dalam mencurigai luka pada pasien, karena pada kasus tertentu biasanya dokter harus tanggap ketika terpaksa melakukan operasi mendadak. Terutama bagi pasien yang kondisinya cukup parah, tidak bisa menunggu hasil rontgen atau CT Scan," tambah Roys.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES