1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    14 November 2015 09:00

    5 Makanan yang Memengaruhi Kanker Payudara Muncul di Tubuh Anda

    Makanan ini bisa mengundang kanker, tapi ada juga makanan yang bisa menangkalnya.

    Feed - Kanker payudara pada wanita disebabkan oleh banyak hal, seperti  faktor genetik dan gaya hidup. Data menyebut, setiap harinya delapan wanita akan didiagnosa menderita kanker payudara. Dengan olahraga yang teratur, menjaga berat badan, dan tidak merokok, dapat menghindari risiko terkena kanker payudara.

    Begitupun dengan makanan dan minuman. Delapan makanan di bawah ini bisa memengaruhi risiko seseorang terkena kanker. Dilansir dari Live Science.com, beberapa di antara makanan/minuman ini dapat mengundang kanker ke tubuh. Tapi beberapa di antaranya bisa menangkalnya dengan cara alami. 

    1. Susu tinggi lemak

    via lifestyle.analisadaily.com

    Penelitian menunjukkan kandungan estrogen dalam lemak produk susu dapat memicu kanker yang terkait hormon, termasuk kanker payudara dan prostat. Berdasarkan studi dari Journal of National Cancer Institute tahun 2013, wanita yang mengonsumsi lebih banyak susu tinggi lemak,  50 persennya meninggal karena kanker dibandingkan pasien lain. Penelitian lain juga menyebutkan, wanita yang mengonsumsi susu dan keju dalam jumlah tinggi lebih rentan terkena kanker payudara.

    2. Teh hijau

    via www.prostatesupplements.com

    Mengonsumsi teh hijau terbukti membantu pasien kanker payudara dalam proses penyembuhan. Teh hijau membantu membatasi pertumbuhan tumor. Zat kimia dalam teh hijau yang disebut polyphenols dapat menghambat protein yang diserap oleh sel tumor.

    3. Folat dan asam folat

    via khasiatmanfaatsehat.blogspot.com

    Kekurangan folat dan asam folat atau yang membentuk vitamin B, terbukti dapat menimbulkan kanker. Penelitian yang dirilis American Journal of Clinical Nutrition tahun 2008, menyebutkan wanita menopause yang mengonsumsi suplemen folat, terbukti 22 persen lebih rendah terkena kanker dibanding dengan yang tidak mengonsumsi folat. 

    4. Kedelai

    via widivici.com

    Kedelai mengandung isoflavon, yang dapat mengurangi risiko kanker payudara atau risiko kambuhnya penyakit tersebut. Penelitian menyebut, mereka yang mengonsumsi isoflavon kedelai sekitar 42,3 miligram per hari memiliki penurunan risiko kambuhnya kanker payudara. Dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi hanya sekitar 15,2 miligram isoflavon sehari.

    Dalam penelitian The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2012, menemukan wanita yang makan kedelai sepuluh persen lebih banyak, terbukti dapat menurunkan risiko kambuhnya kanker payudara. Penelitian ini sendiri melibatkan 10.000 penderita kanker payudara di Amerika dan Cina.

    5. Minyak ikan

    via www.efektips.com

    Penelitian telah menemukan berbagai macam hasil keuntungan dari asam lemak Omega-3 yang terdapat pada minyak ikan dan beberapa tumbuhan. Wanita yang mengonsumsi Omega-3 dari minyak ikan, 14 persen lebih rendah terkena penyakit kanker payudara. Jumlah Omega-3 yang diperlukan hanya satu hingga dua ekor ikan sarden, salmon, herring seminggu.

    Baca juga:

    Tips Cara Mendeteksi Kanker Payudara

    Waspada Kuku Berwarna Hitam, Itu Pertanda Kanker

    10 Fakta Terselubung Kanker Payudara

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES