1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SEJARAH


  8. Reporter : Zika    5 Agustus 2015 09:00

    8 Hal yang Dilakukan Manusia Sebelum Smartphone Muncul

    Indahnya masa analog.

    Feed - Tanpa sadar, ponsel pintar (smartphone) semakin mengambil alih kehidupan manusia. Mayoritas dari kita harus memeriksa smartphone paling tidak sepuluh menit sekali. Jika akhirnya smartphone itu hilang atau tertinggal, rasanya dunia mau tenggelam.

    Namun ada suatu masa di mana smartphone belum diciptakan. Masa ketika segala sesuatunya dilakukan dengan konvensional. Ketika masa itu berlangsung, ada sepuluh hal yang biasa dilakukan oleh manusia.

    Menonton pertunjukkan tanpa merasa wajib merekamnya
    Sebelum ada smartphone, menonton konser, opera, atau pertunjukkan apa pun, rasanya sangat ringan. Mengapa? Karena tidak ada kewajiban merekam dan mengunggahnya ke media sosial.

    Membaca koran
    Ya, membaca koran sesungguhnya dalam bentuk kertas. Bukan dalam bentuk digital di media online.

    Tersesat
    Sebelum ada smartphone, semua harus dilakukan secara manual. Maka peta adalah hal wajib bagi para pejalan. Sialnya, terkadang banyak pejalan yang gagal membaca peta sehingga mudah tersesat.

    Membuat kumpulan rekaman musik
    Ayo mengaku, Anda yang pernah ABG di masa kaset berjaya, pasti pernah melakukan ini: merekam semua musik kesayangan dalam satu kaset analog. Saking seringnya diputar, suara musik dalam kaset ini sampai sember.

    Telepon iseng
    Sewaktu masa telepon analog, adalah hal normal melakukan telepon iseng. Anda sengaja menekan nomor asal, lalu buru-buru menutup ketika diangkat.

    Memenangkan argumen dengan jantan
    Sebelum masa smartphone, argumen dilakukan di depan mata. Tidak melalui perang komentar di suatu media sosial. Tidak juga melalui kalimat nyinyir dari orang asing. Semua dilakukan secara jantan.

    Menulis dengan pena
    Masa sebelum smartphone membuat manusia melakukan semua tulisan dalam bentuk tulisan tangan. Maka itu sampai ada mata pelajaran menulis indah. Semakin bagus tulisan tangan Anda, semakin orang menyukai tulisan Anda.

    Kamera sekali pakai
    Ini dia yang paling terasa: foto analog. Foto dengan film ini digunakan untuk mengabadikan momen penting. Tidak juga ada kewajiban mengunggahnya ke media sosial demi mendapat "Like" dan "Love".

    Baca buku di perpustakaan
    Sebelum smartphone, perpustakaan adalah hal wajib bagi pelajar dan mahasiswa. Kala itu adalah hal normal mencari buku secara manual dan disalin dengan wibawa.

    Baca juga:

    22 Ilustrasi Lucu Sindir Perubahan Zaman

    Transformasi Penyanyi Cilik Indonesia Era 90-an

    Anak Tahun 2000-an Dijamin Tersenyum Lihat Foto Ini

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES