1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    23 Desember 2015 14:22

    7 Jangan Ketika Menstruasi

    Tubuh wanita kala menstruasi itu unik, maka itu perhatikan tujuh hal berikut.

    Feed.merdeka.com - Feed- Penelitian terbaru menunjukkan bahwa wanita menstruasi sedang mengalami fase yang menarik. Kondisi mood wanita dalam situasi datang bulan juga tidak bisa ditebak. Dari sudut pandang kesehatan, wanita menstruasi menjalani berbagai penyimpangan, seperti perubahan ekstrem suasana hati, rasa sakit di perut, dan berbagai keluhan lainnya.

    Meski demikian, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan selama periode menstruasi. Dikutip dari boldsky.com, ada tujuh hal penting yang jangan Anda hindari, di antaranya:

    1. Jangan tinggalkan olahraga

    via www.leanitup.com

    Olahraga akan membantu meringankan kram dan nyeri tubuh lainnya. Jika Anda mengabaikan hal ini, tubuh akan merasa lesu dan bahkan dapat meningkatkan rasa kram yang Anda alami. Tetapi perlu Anda ingat, jangan lakukan olahraga yang terlalu berat karena akan menambahkan kram perut Anda.

    2. Jangan lupa minum susu

    Daripada meminum soda, lebih baik Anda mengonsumsi susu saat menstruasi. Wanita yang rutin mengonsumsi susu akan mengalami rasa nyeri yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak meminumnya. Disarankan agar Anda meminum susu almond ketika datang bulan karena lebih sehat dan lebih kaya kalsium.

    3. Jangan telat makan

    Jangan membiasakan diri melewatkan makan di masa datang bulan. Melewatkan makan akan menciptakan lebih banyak keasaman di perut dan akan mendorong lebih banyak kembung bersama dengan sakit perut dan kram.

    4. Jangan makan berlebihan

    Kebiasaan buruk yang dilakukan wanita saat menstruasi adalah tidak mengontrol apa yang menjadi asupan mereka. Pesta makan atau makanan berlebih yang tidak terkontrol hanya akan membuat Anda merasa lebih lesu dan berat selama menstruasi berlangsung.

    5. Jangan mencukur bulu

    Hindari proses pencukuran ataupun pencabutan bulu saat menstruasi. Kondisi tubuh Anda tengah mengalami kadar esterogen yang rendah dan bisa menyebabkan rasa sakit yang lebih ketika bercukur.

    6. Jangan mengonsumsi obat penghilang nyeri

    Rasa sakit ketika menstruasi terkadang sangat menyakitkan sehingga wanita memilih mengonsumsi obat pereda rasa nyeri. Padahal sejatinya obat macam ini hanya mengurangi rasa sakit dalam jangka pendek tapi berbahaya pada jangka panjang. Pasalnya, ia memperburuk kondisi hormon sehingga berdampak pada kesehatan di masa tua nanti. Cara terbaik mengurangi nyeri mens adalah dengan memilih ramuan alami dan beristirahat.

    7. Jangan mengonsumsi makanan asin

    Mengasup makanan asin saat menstruasi akan membuat perut kembung. Karena garam dapat mengikat cairan pada tubuh wanita yang sedang menstruasi dan membuat tubuh akan semakin terasa bengkak. (Anisha Saktian.P)

    Baca juga:

    Tips Meredakan Kram Perut Saat Menstruasi 

    5 Trik Alami untuk Mempercepat Durasi Menstruasi

    Segera Lupakan Mitos-Mitos Menstruasi Ini

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES