1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    17 Maret 2015 09:06

    7 Hal Aneh Pemicu Sakit Kepala

    Berhubungan badan ternyata bisa memicu sakit kepala.

    Feed - Sakit kepala selalu datang tiba-tiba dan sering kali menyerang di tengah aktivitas sehari-hari. Pemicunya macam-macam, para ahli telah mencoba untuk memprediksi kapan penyakit itu datang dan seberapa parah rasa nyeri itu akan berdenyut di kepala. Setelah beberapa dekade penelitian itu dilakukan, kini peneliti menemukan beberapa jawaban yang paling umum pemicu sakit kepala. Apa saja itu?

    1. Seks

    via harianterbit.com

    Sebuah studi yang diumumkan British Journal of Medical mengatakan bahwa satu dari 100 orang mengalami sakit kepala tiba-tiba saat berhubungan seks. Sakit kepala yang terjadi disebabkan karena kontraksi otot dan tekanan darah.

    2. Dehidrasi

    via tipskesehatanterlengkap

    Dehidrasi juga punya pengaruh terhadap timbulnya rasa nyeri pada kepala. Sebuah studi dari University of Connecticut menunjukkan, selain sakit kepala, dehidrasi juga bisa merusak suasana hati dan kemampuan untuk berpikir jernih.

    3. Ponsel

    via televelocity.com

    Jangan terlalu lama menatap layar gadget kesayangan Anda, hal itu bisa memicu rasa sakit pada kepala. Dalam kondisi itu, otot-otot di mata akan bekerja lebih keras untuk fokus pada objek yang dekat. Hal tersebut akan diperparah jika Anda membungkuk kepala dan leher ke bawah untuk menatap ponsel.

    4. Kopi

    via favim.com

    Nikmat rasanya menyeruput secangkit kopi hangat ditemani camilan saat pagi hari. Namun coba luangkan waktu libur Anda untuk beristirahat lebih banyak dan hindari asupan kafein. Terlalu banyak kopi bisa kepala Anda terasa nyeri.

    5. Deadline

    via timemanagementninja.com

    Panik dan stres jadi dua hal yang terjadi saat dikejar tenggat waktu. Sebuah studi di Jerman menunjukkan bahwa kepala akan mulai berdenyut, terasa nyeri saat berhadapan dengan deadline.

    Stres, baik dari pekerjaan atau kehidupan pribadi, memberikan kontribusi terhadap timbulnya sakit kepala. Untuk mengatasinya, yoga dan meditasi jadi jalan paling baik untuk merelaksasi pikiran sekaligus mencegah datang sakit kepala.

    6. Macet

    via mpm-motor.co.id

    Macet juga jadi pemicu timbulnya sakit kepala. Saat kendaraan menyemut, tidak ada alasan yang membuat kepala berdenyut. Kendaraan knalpot melepaskan nitrogen dioksida (NO2) ke udara. Penelitian dari Kanada dan Israel mengaitkan bahwa NO2 bisa memicu peradangan dan konstraksi pembuluh darah ke tingkat yang lebih tinggi dari sakit kepala.

    7. Petir

    via riaupos.co

    Pusing ternyata juga bisa diakibatkan leh petir. Pemicunya yakni dari nitrogen dioksida. Reaksi elektrostatik dari kilatan cahaya terang menghasilkan NO2. NO2 itulah yang dipercaya dapat memicu sakit kepala.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES