1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    3 Maret 2016 10:22

    5 Kesalahan Manusia yang Berujung Sakit Ginjal

    Hindarilah lima kesalahan berikut agar Anda tidak kena batunya.

    Feed.merdeka.com - Organ ginjal menjadi salah satu orang vital penting dalam tubuh. Seperti yang kita semua tahu, ginjal membantu mengeluarkan limbah atau racun dari tubuh dalam bentuk urine.

    Masalah yang umum terjadi pada ginjal ialah batu ginjal. Batu ginjal terbentuk ketika kristal di ginjal Anda menjadi terlalu besar atau sulit untuk diencerkan dan memerah keluar dalam urine. Kadang-kadang urine tidak memiliki zat yang mencegah batu menempel satu sama lain yang akhirnya mengarah ke batu ginjal.

    Ginjal juga rentan terhadap kanker. Ketika kanker menyerang ginjal, biasanya tidak ada gejala.

    Melihat risiko tersebut ada beberapa kesalahan umum yang dapat menyebabkan sakit ginjal. Dr.Krishna Mohan Sahu, Direktur, Nephrology & Transplantasi Ginjal, menguraikan beberapa kesalahan yang harus Anda hindari untuk mencegah kerusakan pada ginjal.

     

    1. Kurang minum air
    Hal ini menyebabkan dehidrasi, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan viskositas (kekentalan) darah. Semua ini mengarah ke aliran darah yang menyebabkan ginjal terganggu sehingga menjadi disfungsi ginjal.

    2. Menahan kencing selama berjam-jam
    Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih dan menyebabkan tekanan pada ginjal yang dalam jangka panjang hingga memengaruhi fungsinya.

     

    3. Penggunaan jangka panjang tembakau dan alkohol
    Kita semua tahu berapa banyak tembakau dan alkohol memengaruhi kesehatan kita. Bijaksanalah untuk menjauhi tembakau dan minum secukupnya.

    4. Mengonsumsi terlalu banyak garam, makanan olahan, dan minuman ringan
    Asupan garam tinggi meningkatkan tekanan darah yang dapat merugikan ginjal. Asupan garam yang tinggi meningkatkan jumlah kerugian protein oleh ginjal yang akhirnya terkait dengan perkembangan penyakit ginjal.

    Hal ini meningkatkan pembentukan batu di ginjal yang bisa menyebabkan obstruksi aliran dan infeksi urine. Ini juga mempercepat penurunan fungsi ginjal pada pasien yang sudah memiliki penyakit ini sebelumnya.

    5. Mengabaikan diabetes atau tekanan darah tinggi
    Sangat dianjurkan bagi seseorang untuk menjaga kadar gula darahnya dan tekanan darah dalam kontrol yang aman. "Asupan suplemen protein terlalu banyak juga menyebabkan masalah ginjal," ungkap Dr M. M. Bahadur, Konsultan, Neprhrologist & Transplantasi, di Rumah Sakit Wockhardt, Mumbai Tengah, India.

    Baca juga:

    Bagaimana Manusia Bisa Bertahan Hidup dengan Hanya 1 Ginjal?

    Waspada 10 Gejala Awal Batu Ginjal

    Tips Usir Batu Ginjal Dengan Pengobatan Rumah

    10 Tanda yang Memungkinkan Anda Mengidap Penyakit Ginjal

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES