1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    17 Februari 2016 15:04

    Waspada! Ini Ciri Jika Anda Terkena Virus Zika

    Jangan disepelekan. Jika gejalanya Anda rasakan, segera periksa.

    Feed.merdeka.com -  Pada bulan Juli 2015 dunia kesehatan digemparkan oleh penyakit yang bernama Zika. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui berbagai spesies nyamuk aedes antara lain Ae aegypti dan Ae albopictus.

    Nyamuk tersebut terinfeksi virus ketika menggigit manusia yang sudah terinfeksi virus zika. Nyamuk yang telah terinfeksi virus zika selanjutnya menyebarkan virus zika ke pada orang lain.

    ''Nyamuk menghisap darah dari orang lain lalu masuk ke rumah yang lain. Nyamuk ini sangat suka darah manusia, dan dalam satu waktu bisa menularkan lima sampai enam orang," ujar Prof. dr. Saleha Sungkar DAP&E MS saat ditemui di bilangan Salemba Jakarta Pusat.

    Dr. dr. Leonard Naingolan SpPD-KPTI menjelaskan beberapa ciri yang kuat jika seseorang terkena virus Zika. Biasanya jika telah terinfeksi gejala yang dialami adalah mata merah, bercak merah di kulit, nyeri otot sendi, sakit kepala, mual dan muntah, hingga diare. Gejala ini akan berlangsung antara dua sampai tujuh hari. Namun jika timbul komplikasi berat akan menyebabkan kelumpuhan dan mikrosafeli (kepala mengecil).

    “Nyamuk yang menggigit rata-rata betina. keluhannya memang seperti demam berdarah, tapi keluhan tersebut tidak selalu karena terkena virus Zika. Malah lebih parah demam berdarah, sebab virus Zika hanya mengakibatkan cacat kontingental," ujar dr. Leonard.

    Untuk mendiagnosa infeksi virus ini dapat dilakukan pemeriksaan darah untuk mendeteksi anti-bodi dengan menggunakan polymerase chain reaction. Cukup dengan minum air putih dan obat anti-bodi atau obat demam untuk meredakan gejalanya.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES