1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    21 Januari 2016 15:36

    Trik Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

    Kehilangan rambut ini biasanya terjadi selama trimester pertama kehamilan.

    Feed.merdeka.com - Rambut rontok adalah masalah umum yang dihadapi oleh perempuan selama fase kehamilan. Ini terjadi karena perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh sehingga membuat rambut tidak bisa awet tumbuh di kepala.

    Umumnya rambut rontok dapat terjadi karena beberapa alasan. Di antaranya gizi buruk, kurangnya asupan zat besi, dan penyakit tertentu. Kehilangan rambut ini biasanya terjadi selama trimester pertama kehamilan.

    Meski demikian perlu diingat bahwa tiap wanita mengalami gejala yang berbeda selama kehamilan. Tidak semua wanita hamil mengalami kerontokan. Tapi bila Anda adalah salah satu wanita yang mengalami kerontokan, maka penting untuk mengobati masalah tersebut dengan mengikuti tips berikut:

    1. Stop styling 
    Anda harus menghentikan menata rambut selama masa kehamilan. Pengeringan, pelurusan, dan penggunaan berbagai produk lainnya dapat berbahaya bagi rambut. Serta dianjurkan untuk menahan diri dari menggunakan serum rambut dan kosmetik lainnya selama periode kehamilan.

    2. Beri nutrisi
    Menutrisi rambut secara teratur memegang peranan penting selama masa kehamilan. Sama dengan tubuh, rambut juga membutuhkan perawatan yang tepat dan nutrisi dari akar. Oleh karena itu, oleskan minyak pada kulit kepala setidaknya dua kali dalam seminggu sebelum tidur karena dapat menyediakan makanan yang tepat untuk rambut.

    3. Tidak menggunakan kosmetik berbahaya 
    Wanita secara alami sangat tertarik pada kosmetik. Namun, ini adalah sesuatu yang harus dihindari selama kehamilan. Bahan kimia yang hadir dalam kosmetik dapat menyebabkan kerusakan pada rambut perempuan selama fase kehamilan.

    4. Diet sehat
    Perempuan harus mengikuti diet yang sehat selama kehamilan. Seorang wanita harus makan makanan bergizi karena penting untuk pertumbuhan bayi dan ibu. Makanan harus dikemas dengan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesejahteraan bayi dan mempertahankan kesehatan rambut pada wanita juga.

    5. Meditasi
    Sangat penting untuk menjalani hidup bebas stres selama kehamilan. Stres adalah salah satu alasan hadirnya rambut rontok selama kehamilan. Meditasi membantu untuk menjalani hidup bebas stres. Perubahan suasana hati juga dapat menyebabkan peningkatan tingkat stres. Oleh karena itu, cobalah bersantai dan tidak stres selama masa kehamilan Anda.

    Baca juga:

    Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil

    Inilah Ciri Anda Hamil Anak Kembar

    Ingin Hamil Anak Laki-Laki? Coba Lakukan 4 Teknik Ini

    Cara Lucu Deteksi Kehamilan Tanpa USG

    Bahaya Minum Teh bagi Wanita Hamil

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES