1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. B
  6.  » 
  7. BAYI


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    18 Desember 2015 14:54

    Tips Agar Bayi Menyusui dengan Mudah

    Terdapat dua faktor yang harus Anda ketahui sebelum memberikan ASI pada bayi.

    Feed - Bagi Anda yang baru saja memiliki bayi, pasti merasa bahagia. Tetap banyak juga ilmu mengurus bayi yang belum Anda ketahui, misalnya bagaimana cara menyusui yang benar, cara memandikan, atau cara menggendong yang baik.

    Sering terjadi pada ibu baru yaitu bayi tidak mau meminum minum ASI, mengapa bisa begitu? Bisa jadi bayi tidak mau menyusui karena puting Anda lecet atau salah posisi saat menyusui. Menurut dr. Naomi Esthernita F. Dewanto, SpA(K), selaku pimpinan dari Neonatal Intensive Care Unit (NICU) Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, terdapat dua faktor yang harus Anda ketahui sebelum memberikan ASI pada bayi.



    “Ibu harus memerhatikan dua hal yaitu perlekatan dan posisi bayi,” katanya saat memberikan materi kepada media di Rumah Sakit Siloam. Perlekatan yaitu posisi mulut bayi saat menyusui, umumnya ibu hamil hanya menempekan mulut bayi pada puting saja. Sebenarnya itu keliru karena mulut bayi harusnya sampai pada areola yang merupakan gudang ASI.

    Yang kedua, posisi bayi saat menyusui. Posisi yang benar yaitu perut ibu menghadap perut bayi lalu telinga dan pundak bayi dalam keadaan sejajar. Selama ini banyak ibu yang menyusui membiarkan kepala bayi menghadap ke samping (posisi telinga dan bahu bayi tidak sejajar). Hal tersebut dapat menyebabkan bayi tidak mau menyusu karena tidak pada posisi yang tepat.

    Kesalahan ini juga terjadi pada Cecil, seorang ibu muda dengan bayinya yang baru berusia tiga bulan. Ia mengaku saat menyusui tidak mengetahui bagaimana posisi yang baik. Biasanya ia membaringkan bayinya di kasur dan menyusui dari samping. Posisi bayi berada di sisinya dan menyebabkan bayi harus menengok saat menyusui.

    “Saat sedang menyusui, bayi saya sering terhenti tiba-tiba, kemudian melanjutkan kembali,” ujarnya saat berbincang di sebuah mal kawasan Jakarta barat. Untuk itu bagi Anda para ibu yang baru mempunyai bayi atau yang sedang hamil, baiknya Anda lebih memerhatikan kembali cara menyusui yang baik dan benar. (Arman Maulana Azis)

    Baca juga:

    Tips Merawat Kulit Bayi agar Putih dan Bersih

    Inilah Gejala Autisme pada Bayi

    Ketika Kaum Pria Menangis Tersedu Melihat Buah Hatinya

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES