1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    23 November 2015 18:00

    Ternyata Inilah Bahaya Mengonsumsi Ikan Salmon

    Salmon bisa berbahaya jika berasal dari lingkungan yang tidak sehat.

    Feed - Selama ini kita mengetahui banyak manfaat yang didapat jika mengonsumsi ikan salmon. Seperti kandungan lemak omega-3, vitamin A, B, dan B12 yang baik untuk perkembangan otak, kesehatan mata, hati, dan kulit. Tetapi tahukah Anda tidak semua ikan yang berasal dari laut, khususnya salmon, baik bagi kesehatan?

    Mengapa ikan salmon itu berbahaya bagi kesehatan? Karena ternyata ikan salmon juga mengandung zat logam merkuri dan polychlorinated biphenyls (PCBs), yang dapat memicu kanker, menghambat pertumbuhan otak janin, dan kemungkinan risiko bayi lahir cacat. Hal ini diakibatkan oleh tercemarnya lingkungan hidup ikan salmon. Akibatnya merkuri akan tersaring dan terkumpul melaui insang saat ikan salmon bernapas.

    Tetapi tidak semua ikan salmon berbahaya. Jika ikan salmon hidup di lingkungan yang bersih dan terhindar dari limbah pencemaran, ia tetap aman untuk disantap. Karena itu perlu diperhatikan saat Anda memilih ikan salmon di pasaran.

    “Ikan salmon yang masih sehat dan segar dapat dibedakan dari baunya, Kalau sudah tidak segar, baunya pun sudah tercium, seperti ikan-ikan lain. Bau amisnya itu menonjol sekali. Warnanya pucat dan teksturnya pun lembek sekali,” demikian ujar Sonny Kurniawan, salah seorang pengusaha restauran sushi di Jakarta, saat ditemui di acara 'Manfaat Salmon dan Nikmatnya Sushi', di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Senin, 23 November 2015.

    Meski demikian, salmon yang sehat memiliki kandungan luar biasa untuk ibu hamil. Salmon yang mengandung lemak omega-3, EPA, dan DHA yang baik untuk bayi dalam kandungan. Selain itu vitamin A, D, dan B12 baik untuk kesehatan mata, hati, dan kulit. Rajin mengonsumsi salmon juga dapat meminimalkan bayi lahir secara prematur.

    Kini, salmon bahkan tidak hanya berasal dari Jepang. Daratan Eropa juga memiliki jago salmon dari Norwegia. Menurut Jon Erik, Regional Director Norwegian Seafood Council, kandungan protein yang ada pada salmon Norwegia akan bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam kondisi segar. "Salmon Norwegia lebih enak daripada yang lain karena di Norwegia salmon diternakkan di air yang bersih dan dingin membuat kualitas salmon Norwegia tidak diragukan lagi,” ujar Erik. (Arman Maulana Azis)

    Baca juga:

    Kenapa Bantal Berbahaya bagi Bayi?

    Waspada Bahaya di Balik Kebiasaan Selalu Menguap

    Stop Taruh Dompet di Saku Belakang Celana Anda

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES