1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Zika    13 September 2016 10:55

    Mengapa Huruf di Papan Keyboard Tidak Berurut Sesuai Abjad?

    Kenapa tidak beruntun A, B, C, dan seterusnya?

    Feed.merdeka.com - Pengaturan huruf di atas jajaran papan kunci (keyboard) komputer Anda ternyata punya sejarah yang menarik. Alasan huruf-huruf itu tidak berurutan sesuai abjad A, B, C, dan seterusnya ternyata berakar dari papan keyboard dari mesin tik jadul (zaman dulu).

    Mesin tik ini sudah dirancang dengan urutan huruf seperti yang ada sekarang --QWERTY. Ia dirancang oleh pria bernama Christopher Latham Sholes.

    Masuk tahun 1870, urutan ini kemudian diubah sesuai dengan abjad. Di mana posisi huruf A,B, C dan seterusnya berada di posisi QWERTY saat ini. Sayangnya urutan macam ini malah memperlambat kecepatan mengetik.

    Maka diubahlah kembali susunan itu dengan tata letak terbaru yang disebut Dvorak layout. Tata letak ini membuat jari-jemari berjalan dengan lebih cepat di atas biji keyboard. Tapi penataan ini kembali menuai masalah karena dianggap mengganggu pergerakan mekanikal lengan.

    Hingga akhirnya muncul kembali penataan huruf QWERTY. Ia dikembangkan sedemikian rupa sehingga para pengetik bisa bekerja lebih cepat, efektif, dan tak perlu terlalu sering melihat ke papan kunci.

    Dilansir dari wittyfeed.com, logika huruf ini sendiri didasari oleh penggunaan huruf dalam Bahasa Inggris. Selain itu ada anggapan ini akan mempermudah pengetik karena semua huruf vital ada dalam satu baris.

    Baca juga:

    Terkuak! Mengapa Lintasan Kereta Berisi Banyak Batu Kerikil

    Terjawab, Kenapa Pria & Wanita Buka Baju dengan Cara Berbeda

    Inilah Sebabnya Huruf 'F' dan 'J' di Laptop Punya Garis Kecil

    Terkuak, Inilah Alasan Mengapa Facebook Berwarna Biru

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES