1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    24 November 2015 10:59

    Manfaat Kesehatan di Balik Makanan "Beracun"

    Berikut adalah manfaat kesehatan dari makanan yang dianggap menyebabkan kolesterol, diabetes, dan kenaikan berat badan.

    Feed - Beberapa makanan yang kita konsumsi sehari-hari kerap kali dianggap buruk bagi kesehatan. Nyatanya beberapa makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Seperti yang dilansir dari livescience.com, berikut adalah manfaat kesehatan dari makanan yang dianggap menyebabkan kolesterol, diabetes, dan kenaikan berat badan.

    Gandum
    Kelebihan kalori menjadi salah satu penyebab orang yang sedang diet untuk tidak mengonsumsi gula dan gandum. Padahal menurut Joanne Slavin, profesor nutrisi di The University of Minnesota, AS, gandum adalah sumber serat yang baik. Malah gandum ini sangat bagus untuk penurunan risiko diabetes, penyakit jantung, kanker, dan kelebihan berat badan.

    Telur
    Beberapa waktu terakhir telur dianggap memiliki kadar kolesterol yang tinggi dan menyebabkan penyakit jantung. Pada setiap kuning telur mengandung 184 miligram kadar kolesterol, namun bukan lemak jenuh. Sedangkan penyebab utama kolesterol adalah lemak jenuh.

    Kentang
    Kentang juga disebut sebagai makanan yang meningkatkan kadar gula darah, resistensi insulin, kelebihan berat badan, dan diabetes tipe 2. Tapi faktanya hal ini bisa disebabkan dari produk olahan kentang, seperti keripik kentang dan kentang goreng yang disajikan bersama junk food dan soda. Sejatinya kentang adalah sumber potasium, vitamin C, dan memiliki serat yang banyak.

    Makanan gorengan
    Memang benar makanan yang digoreng meningkatkan kalori dan membuat makanan tersebut menjadi tidak sehat. Tetapi selama menggoreng makanan dengan minyak yang sehat, bukan dengan mentega atau minyak curah, tidak menjadi masalah. Anda dapat menggunakan minyak zaitun, minyak canola, dan minyak biji matahari yang memiliki manfaat untuk metabolisme dan menjaga kesehatan. (Arman Maulana Azis)

    Baca juga:

    Tips Menyimpan Makanan Agar Tidak Mubazir

    Makanan Ini Siap Merangkak Keluar dari Piring Anda

    Gudetama, Makanan yang Memuntahkan Makanan

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES