1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    29 Januari 2016 09:01

    Hati-Hati Bila Anak Anda Mulai Malas Makan, Kemungkinan Dia.....

    Anak Anda bisa saja mengidap anoreksia.

    Feed.merdeka.com - Tidak sedikit anak-anak yang tidak mau makan dan Anda tidak mempermasalahkan hal tersebut. Tapi mulai sekarang hindari sikap itu karena bisa jadi anak Anda terkena penyakit Anoreksia.

    Melansir dari momjunction.com, anoreksia adalah gangguan makan yang membuat orang terobsesi tentang makanan yang dia makan dan berat badannya. Anoreksia pada anak merupakan gangguan kejiwaan di mana anak menunjukkan perilaku makan yang tidak normal. Beberapa faktor berikut ini merupakan penyebab anoreksia pada anak.

    1. Faktor psikologis
    Anak dengan anoreksia cenderung memiliki kepribadian dan perilaku yang berbeda dari anak-anak yang sehat. Mereka selalu merasa tertekan dan merasa sulit untuk menangani stres. Keadaan emosi mereka terganggu ketika berat badannya naik. Obsesi dan paksaan membuat efek negatif dan memaksa mereka untuk menghindari makan.

    2. Faktor lingkungan
    Perubahan hormon yang terjadi pada anak yang menuju dewasa dapat memicu timbulnya anoreksia. Anak tersebut berada di bawah stres dan krisis harga diri. Tekanan berlebih dari sekolah juga dapat membuat anak menjadi anoreksia. Selain itu banyaknya melakukan kegiatan fisik yang berat juga dapat memicu hal ini. Kekerasan fisik atau seksual dapat menghambat kondisi psikologis yang memicu anoreksia juga.

    3. Faktor biologis dan genetik
    Para peneliti mengatakan faktor genetik dapat memicu anoreksia. Anak-anak dengan riwayat keluarga yang mengidap penyakit kronis seperti radang sendi, radang usus, gagal ginjal, dan kerusakan hati memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk menjadi anoreksia.

    Image result for kid anorexia

    Anak yang mengidap anoreksia sering mengurangi jumlah makanan yang mereka makan, yang menghasilkan penurunan berat badan yang parah. Berikut ini adalah gejala yang paling menonjol dari anoreksia.

    1. Gejala fisik
    Anak akan merasa kelelahan, insomnia, sembelit, dehidrasi, tekanan darah rendah, osteoporosis, kulit kering, jumlah darah tidak normal, pembengkakkan tangan dan kaki, kekurangan energi, pusing, dan kerusakan gigi.

    2. Gejala perilaku dan emosional
    Anak dengan anoreksia akan depresi, menarik diri dari lingkungan sosial, menolak rasa lapar, cepat marah, takut berat badannya naik, dan olahraga secara berlebihan.

    Baca juga:

     10 Inspirasi Nama Anak Perempuan dari Bunga

    Foto Anak Ashanty Tiru Ucapan Syahrini

    Fakta Menakjubkan Mengenai Anak Kembar

    Bijak Beri Anti-biotik pada Anak, Salah-salah Bisa...

    Tips Hentikan Kekerasan pada Anak di Lingkungan Rumah

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES