1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    7 September 2016 17:39

    7 Gelagat Fisik Penanda Anda Didera Stres Berat

    Jangan diabaikan ketujuh gejala ini.

    Feed.merdeka.com - Apakah Anda merasa memiliki penyakit yang tak kunjung sembuh? Jika ya, hati-hati itu bisa saja gejala Anda terkena depresi.

    Bila Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai depresi, pertanyaan paling umum ditanyakan ialah; apakah tidur Anda cukup, kehilangan minat, merasa sedih, serta mengalami tekanan emosional?

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pernah menjelaskan hubungan antara depresi dan gejala fisik. Mereka mengungkapkan bahwa dari 1.146 pasien menderita depresi berat, 69 persen di antaranya dilaporkan memiliki gejala seperti sakit kepala, sembelit, atau nyeri punggung.

    Jika Anda sering mengalami penyakit tersebut dan tidak sembuh walau sudah berobat, sebaiknya Anda harus waspada. Karena bisa jadi itu adalah gejala Anda terkena depresi. Berikut ialah tujuh gejala fisik depresi yang bisa Anda waspadai.

    1. Sakit kepala
    Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Pain tahun 2004 mengungkapkan bahwa migrain dan depresi sangat terkait satu sama lain. Selain itu, depresi juga diketahui menyebabkan dan meningkatkan timbulnya sakit kepala karena tegang.

    2. Sakit perut
    Pasien yang menderita depresi akan mengeluh diare atau sembelit. Depresi juga diketahui menyebabkan kembung dan bahkan bisa memicu Irritable Bowel Syndrome (IBS) pada beberapa pasien.

    3. Nyeri sendi
    Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Psychiatry pada tahun 2004 menyatakan bahwa nyeri sendi kronis dan nyeri tungkai dapat menjadi salah satu gejala depresi.

    4. Nyeri dada
    Beberapa penelitian selama bertahun-tahun telah dikaitkan depresi dengan penyakit kardiovaskular. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Views Heart mengamati bahwa prevalensi kecemasan dan gejala depresi diperkirakan 42 persen dan 31 persen mengakibatkan nyeri dada.

    5. Nyeri punggung
    Depresi dan stres dikenal dapat membuat sakit kembali bahkan lebih buruk. Sebuah penelitian telah menghubungkan depresi dengan nyeri punggung kronis.

    6. Kelelahan
    Ketika Anda mengalami depresi, bangun tidur di pagi hari tampaknya mustahil. Pasien berjuang untuk melawan kelelahan setelah melakukan kegiatan rutin. Ini adalah gejala fisik klasik depresi.

    7. Pusing
    Pusing juga merupakan keluhan umum pasien yang menderita depresi.

    Baca juga:

    Tips Agar Tidak Stres Mempersiapkan Pesta Pernikahan

    Gejala Orang Stres, Adakah Salah Satunya Anda Alami?

    Pria Juga Bisa Mengidap Stres Pasca-Melahirkan

    10 Hal Mengejutkan Penyebab Stres (II)

    10 Hal Mengejutkan Penyebab Stres (I)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES