1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. R
  6.  » 
  7. RUMAH


  8. Reporter : Anisha    10 Desember 2015 18:06

    5 Benda di Rumah yang Mengandung Alkohol

    Pintar-pintarlah menyimpan produk ini karena bisa memabukkan bahkan mematikan.

    Feed- Savithiri Ratnapalan, seorang profesor di Dalla Lana School of Public Health dan staf dokter di The Hospital for Sick Children, Toronto, Kanada, menjelaskan bahwa banyak orang yang berpikir mengira bahwa alkohol hanya terkandung dalam minuman keras. Namun nyatanya alkohol terkandung dalam banyak produk rumah tangga.

    Bila teledor menyimpannya, produk-produk itu bisa dijangkau oleh anak-anak. Ingatlah bahwa sudah menjadi sifat anak untuk memiliki rasa penasaran yang tinggi. Untuk itu, kita sebagai orangtua harus tetap waspada serta lebih perhatian mengawasi sang buah hati. Berikut lima produk berbahaya mengandung alkohol yang wajib Anda jauhkan dari jangkuan anak-anak seperti yang dilansir safebee.

    1. Obat batuk

    via: alternet.org

    Banyak kasus yang terjadi di Amerika Serikat di mana remaja menggunakan obat batuk dibanding alkohol untuk merasakan sensasi mabuk.  Perlu diketahui obat batuk sirup ini dapat menyebabkan komplikasi pernapasan dan jantung. Dalam sebuah studi dari National Institute on Drug Abuse, lebih dari dari empat persen dari siswa kelas 12 di AS menggunakan obat batuk selama 12 bulan terakhir. Lebih banyak dibanding penggunaan halusinogen, MDMA (ekstasi), oxycodone (OxyContin) atau kokain.

    2. Obat kumur

    via: waterpik.com

    Beberapa obat kumur mengandung sekitar 20 atau 25 persen alkohol. Ia sengaja dirancang agar terasa tidak enak ketika tertelan, demikian disampaikan Newport Academy --pusat perawatan yang mengkhususkan diri dalam penyalahgunaan zat pada remaja. Meski demikian, masih banyak saja kasus manusia yang mabuk karena obat kumur.

    3. Pembersih tangan

    via: consumerreports.org

    Menurut Children’s Hospital di Los Angeles, AS, pembersih tangan menimbulkan risiko yang sangat tinggi bagi kesehatan karena mengandung 45 - 99 persen alkohol. Bahkan, dua ons pembersih tangan memiliki banyak alkohol yang melebihi minuman keras. Menurut Georgia Poison Center, keracunan akibat pembersih tangan melonjak hampir 400 persen dalam lima tahun terakhir.

    4. Parfum dan cologne

    via: open.edu

    Ratnapalan menjelaskan, produk parfum mengandung kadar alkohol yang tinggi, mulai dari 55 hingga 99 persen. Sudah terjadi kasus di mana anak keracunan alkohol setelah minum parfum. 

    Sebuah penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet menunjukkan bahwa di Rusia, hampir setengah dari pria usia kerja tewas oleh karena penyalahgunaan alkohol. Di mana beberapa dari mereka mengonsumsi cologne karena kandungan alkohol yang tinggi. Pria Rusia yang minum alkohol cologne sembilan kali lebih cepat meninggal dibandingkan mereka yang minum minuman keras.

    5. Cairan pembersih kaca mobil dan 

    via: washersampdryers.com

    Zat dalam cairan pembersih kaca mobil mengandung metanol dan alkohol yang berbahaya bila tertelan. Laporan dari Toronto Star menyatakan bahwa ada seorang remaja berusia 18 tahun yang tewas setelah menenggak pembersih kaca mobil yang ia kira sebagai vodka.

    Baca Juga:

    Bahan Rumahan untuk Mengatasi Rambut Kering

    Tips Membuat Minyak Pengusir Nyamuk dari Bahan Rumahan

    Trik Mudah Hilangkan Stretch Marks dengan Bahan Rumahan

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES