1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Anisha    3 Februari 2016 13:23

    2 Trik Mudah Menyimpan Makanan Sisa di Kulkas

    Makanan sisa yang didiamkan terlalu lama bisa menyebabkan keracunan.

    Feed.merdeka.com - Jangan biarkan sisa-sisa makanan dibiarkan terlalu lama. Bila tidak ditangani dengan baik, sisa-sisa makanan dapat menjadi sarang bakteri. Bahkan serangga jahat listeria dapat berkembang pada makanan bila tidak disimpan di suhu rendah. Gunakan tips ini untuk menyimpan sisa makanan dengan aman.

    1. Jangan biarkan sisa makanan terlalu lama
    Makanan yang ditinggalkan pada suhu kamar selama dua jam atau lebih dapat menumbuhkan bakteri, demikian menurut Partnership for Food Safety Education. Masukkan sisa makanan ke dalam kulkas segera, terutama yang mudah rusak seperti daging, unggas, serta telur.

    2. Simpan dengan baik

    Iris: Iris seluruh daging panggang sebelum menyimpan ke dalam kulkas. Lakukan hal yang sama dengan daging ayam atau kambing. Tapi khusus untuk kaki dan sayap ayam bisa Anda simpan dalam kondisi utuh.

    Bungkus: Tutup makanan dengan rapat dengan bungkus plastik atau aluminium foil, simpan di kantong plastik atau bagi ke dalam wadah. Jika Anda menggunakan kantong plastik, tekan udara keluar dari setiap kantong sebelum ditutup.

    Tulis label: Jangan lupa cantumkan hari dan tanggal setiap sisa makanan yang akan dimasukkan ke dalam lemari es atau freezer.

    Dinginkan: Jangan biarkan makanan panas langsung masuk ke dalam kulkas karena dapat menyebabkan suhu di dalam kulkas meningkat. Makanan yang bisa masuk kulkas adalah dengan suhu sekitar 90 sampai 100 derajat celcius atau hangat ketika disentuh.

    Baca juga:

    Tips Membersihkan Kulkas dalam Waktu 10 Menit

    Tips Paling Ampuh Hapus Bercak Coklat di Wajah dalam Tempo 45 Menit

    5 Tips Praktis Menghilangkan Kumis Tipis Tanpa Rasa Sakit

    Tips Mengencangkan Perut Selepas Melahirkan

    Tips Mengobati Sariawan Hanya dalam Tempo Semalam

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES