1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FENOMENA ALAM


  8. Reporter :     25 Maret 2018 07:12

    Retakan ini bikin Benua Afrika terbelah dua, ngeri!

    Diperkirakan akan ada beberapa negara terpisah dari Afrika dan membentuk benua baru.

    Feed.merdeka.com - Feed.merdeka.com - Salah satu negara di Benua Afrika mengalami kejadian yang luar biasa. Di Kenya ada keretakan geologis atau patahan yang terjadi di Great Rift Valley--dataran rendah berbentuk linear yang terletak di antara pegunungan.

    Insiden itu terjadi pada Senin pagi 19 Marei 2018 hingga menimbulkan celah curam di Narok Country. Ya retakan dengan kedalaman 50 kaki selebar 20 meter itu membelah jalan raya tersibuk di Kenya, tepatnya di Mai Mahiu-Narok.

    Ilmuwan menyebut bahwa perlahan Kenya membelah diri dari Benua Afrika. Namun retakan itu adalah satu dari ratusan titik yang rentan di sekitar Great Rift Valley

    Mereka menambahkan, dengan adanya fenomena geologi ini, empat negara yang berada di Tanduk Afrika (Horn of Africa)--Somalia, setengah dari Ethiopia, Kenya dan Tanzania-- diperkirakan akan terpisah dari Afrika untuk membentuk benua baru.

    Benua ini disebut sebagai Lempengan Somalia (Somali Plate) dan akan terbentuk utuh sekitar 50 juta tahun lagi, menurut media lokal All East Africa.

     

     

    Selanjutnya>>>

    Aktivitas Geologi

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES