1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERMAINAN


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    25 Mei 2017 06:03

    Lupakan gadget, permainan ini juga orang lupa waktu

    Mainan ini cocok buat menghabiskan waktu jelang waktu berbuka lho.

    Feed.merdeka.com - Puasa tinggal sebentar lagi. Nah, selama menjalankan ibadah tanpa makan dan minum sepanjang siang pasti ada banyak cara untuk menghabiskan waktu sampai azam Magrib tiba.

    Kalau zaman sekarang, kebanyakan menghabiskan waktu dengan dengan update status, chattingan, main game sampai stalking-stalking akun gebetan. Dengan kata lain, gadget pasti enggak bakalan jauh-jauh dari tangan.

    Bagaimana dengan zaman dulu, wah bedanya jauh sekali, sampai 180 derajat malah. Sejumlah permainan ular tangga, ludo, halma, dan catur, jadi pilihan.

    Wah jadi bernostalgia deh. Berikut permainan anak 90-an saat bulan Ramadan:

    Monopoli

    Permainan ini sangat berjaya di masanya, bisa dibilang 'Get Rich' manual. Anak-anak era 90-an perlu menghabiskan waktu sampai berjam-jam lamanya untuk bisa menyelesaikan game ini.

    Aturan mainnya sangat simpel, tergantung kesepakatan bersama. Padahal ada petunjuk yang memuat penjelasan dan aturan mainnya, sayangnya sering diabaikan.

    Ular tangga

    Tak kalah seru, mainan ini juga jadi permainan favorit banyak orang. Permainan ini sudah mulai dibuka beberapa jam sebelum buka puasa.

    Memainkan game ini susah-susah gampang, siapa cepat sampai garis finish dia menang. Tetapi untuk mencapainya benar-benar sulit, apalagi setiap jalan tergantung pada angka dadu.

    Salah masuk kotak bisa dapat ekor ular, alhasil pemain harus mulai lagi dari bawah deh.

    Ludo

    Ludo juga enggak kalah seru dari ular tangga. Bisa dimainkan sampai empat orang.

    Bagian paling seru ketika para pemain saling tendang. Sudah hampir masuk kandang, malah kena tendang. Marah sih enggak, kesel iya.

    Halma

    Tidak banyak orang yang tahu permainan ini, tetapi enggak sedikit orang yang memainkannya sebelum waktu berbuka tiba.

    Cara memainkannya melibatkan kinerja otak. Sebab, masing-masing pemain harus bisa menyusun langkah agar bisa sampai ke rumah sebelah dengan cara yang cepat.

    Kartu Remi

    Ini juga seru. Tapi bukan buat taruhan lho, apalagi di bulan puasa.

    Permainan ini jadi lebih seru karena hukuman yang didapatkan lawan yang kalah. Hukumannya bisa berbagai macam, mulai muka dibedakin, dicoret ballpoint, telinga dijepit pakai jepit jemuran dan sanksi-sanksi memalukan lainnya.

    Catur

    Ini permainan yang benar-benar menguras otak, sebab membutuhkan strategi agar menang. Salah geser berabe semuanya.

    Catur banyak dimainkan sambil menantikan waktu berbuka puasa, terutama di pos-pos ronda, kalau dengar bapak-bapak berkumpul dan tertawa, enggak menutup kemungkinan mereka sedang main ini.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES