1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. B
  6.  » 
  7. BRIMOB


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    25 Mei 2017 08:04

    Deretan senapan ini bikin Brimob tidak bisa dipandang sebelah mata

    Sebagai salah satu pasukan elite nasional, Brigade Mobile alias Brimob tentu tidak mau hanya menjadi penonton saja saat keamanan sedang terancam.

    Feed.merdeka.com - Sebagai salah satu pasukan elite nasional, Brigade Mobile alias Brimob tentu tidak mau hanya menjadi penonton saja saat keamanan sedang terancam. Untuk merealisasikannya, tentu dibutuhkan senjata yang modern, canggih dan tentunya mudah digunakan.

    Nah, Resimen II Pelopor Brimob (Brigade Mobil) Kepolisian Republik Indonesia sebagai salah satu korps tertua di tubuh Polri mengungkap senjata yang dimilikinya. Mulai dari laras pendek, laras panjang, hingga yang legendaris pun terlihat masih terawat dengan baik.

    Meski selama era orde baru Indonesia lebih merapat kepada Blok Barat, namun Brimob tetap memiliki senjata legendaris buatan Uni Soviet. Senapan tersebut bernama Avtomat Kalashnikova 47 atau cukup disingkat AK-47. Bahkan, pistol otomatis yang digunakan pasukan khusus Israel Defense Forces (IDF) Uzi juga sudah melekat pada korps ini.

    Kemudian ada juga Sub Machine Gun (SMG) Sa Vz 61 Skorpion buatan Cekoslovakia, senjata ini pernah jadi andalan Kopassus dan Paskhas. Kemampuannya sangat teruji dalam pertempuran jarak dekat atau Close Quarter Battel yang disingkat CQB. Pistol ini dijadikan sebagai senjata standar Brimob.

    Ada pula Ingram MAC-10, pistol otomatis buatan produsen senjata asal AS, Military Armament Corporation. SMR (Senapan Mesin Ringan) FN Minimi yang diproduksi oleh perusahaan senjata Belgia, Fabrique Nationale Herstal. Senapan serbu versi terbaru dari seri Kalashnikov, AK-101.

    Tak ketinggalan Steyr AUG (Armee Universal Gewehr), senapan yang dibuat oleh produsen senjata asal Austria, Steyr Mannlicher. Senapan induk dari semua varian Artic Warfare SiG Sauer 516 PM (Precision Marksman), senapan yang digunakan militer Inggris pada pertengahan tahun 1980an.

    Tak hanya itu, Korps Brimob ternyata juga punya senapan runduk semi otomatis yang dibuat untuk USSOCOM, Barrett MRAD (Multi-Role Adaptive Design). Senapan ini mampu menjangkau target sejauh 1,5 kilometer dengan akurasi 0,5 MoA (Minute of Arc).

    Mau tahu lengkapnya, cek aja video ini:

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES