1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     11 Desember 2017 11:00

    Ada ruam sebesar koin di dada atau perut? Waspada!

    Kemungkinan ruam itu adalah induk dari penyakit bikin merinding ini.

    Feed.merdeka.com - Semula, Mikaella Pablo tidak menghiraukan ruam kemerahan sebesar koin yang muncul di perutnya. Mengira itu hanya iritasi kulit biasa, ruam itu kian gatal setiap hari.

    Hari berlalu, si ruam ini kian membesar dan makin gatal. Saudara perempuan Pablo yang adalah seorang perawat menyarankan agar dia mengoleskan Bactroban ointment, salep antibiotik untuk mencegah bakteri tumbuh di kulit.

    Namun salep itu tak menolong banyak. Ruam itu tak mau pergi malah makin menyebar dan gatal, demikian dikutip dari laman Viral4real, 8 Desember 2017.

    Akhirnya diapun menemui dokter kulit. Ternyata, dia diagnosa terkena pityriasis rosea. Ruam kulit kemerahan ini biasanya menyerang anak-anak dan dewasa.

    Penderita biasanya diserang ruam-ruam kemerahan atau merah muda. Bentuk ruam itu kadang mirip bekas luka atau benjolan merah menyerupai tambalan.

    Ternyata, ruam sebesar koin yang pertama kali muncul di bagian perut Pablo itu adalah "induknya" dan disebut herald patch.

    Hingga kini, dunia medis belum bisa menemukan penyebab pasti dari pityriasis rosea. Sejumlah bukti mengindikasikan penyakit kulit ini dipicu infeksi virus, terutama strain herpes tertentu. Namun, penyakit ini diyakini tidak menular.

    Jika Anda terkena penyakit ini, gejala awalnya berupa pilek, merasa sedikit sesak, sakit tenggorokan, dan batuk.

    Kemudian, muncul satu titik merah di di punggung, atau perut Anda (herald patch). Titik ini akan berkembang menjadi induk dan pada akhirnya seluruh tubuh Anda akan dipenuhi bintik-bintik kemerahan.

    Pityriasis rosea biasanya bertahan 1-3 bulan dan biasanya tidak akan kembali. Datangi lagi dokter jika ruam tak kunjung hilang setelah lebih dari 3 bulan.

    Meskipun Pablo mulai sembuh, namun ada waktu dimana tubuhnya dipenuhi bintik-bintik merah yang bikin merinding. Dan, ini benar-benar gatal loh.

    Bintik-bintik kemudian menyebar ke seluruh tubuh
    © 2017 feed.id/Viral4real

    Diapun membagikan pengalamannya itu di media sosial Facebook. Dia menasihati netizen lain untuk menjaga kesehatan dan waspadai setiap gejala apapun di kulit.

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES