1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Stella Maris    19 Januari 2018 19:00

    Tulang rusuk wanita ini patah karena batuk

    Ketika bagian memar itu disentuh, dia merasakan sakit tajam yang luar biasa.

    Feed.merdeka.com - Mulai sekarang jangan remehkan batu yang tak kunjung reda. Bila hal itu terjadi, sebelum periksa ke dokter pastikan Anda tak memaksakan batuk yang membuat tenggorokan gatal.

    Kalau dipaksakan dapat berakibat fatal. Seperti wanita berusia 66 tahun ini. Wanita ini mengalami batuk kering selama dua minggu dan terus-menerus sampai tak sadar, dia telah mematahkan tulang rusuknya.

    Batuk yang tak mereda, membuat wanita itu pergi ke dokter. Saat diperiksa dia didiagnosis menderita infeksi saluran pernapasan karena adanya virus flu.

    Setelah lima hari gejalanya tidak membaik. Akan tetapi ketika diperiksa dokter melihat gejala memar parah di sisi kanan dada.

    memar yang diakibatkan patah tulang rusuk © 2018 feed.id/thesun.co.uk

    Ketika bagian memar itu disentuh, dia merasakan sakit tajam yang luar biasa. Saat di CT Scan, baru diketahui wanita paruh baya itu mengalami patah tulang rusuk kesepuluh.

    Selain itu, dia juga mengalami hernia didinding dadanya. Hasil pemeriksaan itu diketahui ternyata cedera atau memar itu disebabkan karena batuk rejan dan infeksi bakteri yang menular dari paru-paru.

    Hasil pemeriksaan itu pun dipublikasikan di New England Journal of Medicine. Nah untuk menyembuhkannya tidak cukup dengan pengobatan antibiotik. Wanita itu harus dioperasi untuk memperbaiki tulang rusuknya.

    Hasil pemeriksaan tulang rusuk yang patah © 2018 feed.id/thesun.co.uk

    Diketahui batuk rejan bisa menyerang segala usia, tapi anak-anak paling berisiko ditambah adanya risiko komplikasi, seperti penurunan berat badan, ginjal, dehidrasi, dan kerusakan otak.

    Umumnya batuk rejan berlangsung selama dua sampai tiga bulan. Gejala awalnya adalah pilek, sakit tenggorokan, dan meningkatnya suhu tubuh. Setelah beberapa minggu kemudian, batuk kembali terjadi terus-menerus terutama di malam hari.

     

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES