1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Stella Maris    27 September 2017 10:14

    Seberapa cepat ikan hiu berenang?

    Ternyata, kecepatan hiu setiap jenis berbeda-beda, tergantung...

    Ketika Anda menonton film tentang manusia yang 'diburu' hiu, pernahkah berpikir seberapa cepat ikan itu berenang? Laman Though.co mengulasnya.
     
    Secara umum, hiu bisa berenang dengan kecepatan 8 kilometer per jam (km/jam). Namun tak jarang hiu berenang melambat sekitar 2,4 km/jam.
     
    Akan tetapi, ketika menyerang mangsanya, hiu akan berenang lebih cepat sekitar 20 km/jam. Kecepatan yang setara dengan manusia saat berlari kencang di darat atau ketika di laut, kecepatannya nyaris sama dengan jet ski.
     
    Hiu putih besar (Carcharodon carcharias) diperkirakan memiliki kecepatan berenang sekitar 40 km/jam. Kecepatan renang mereka 10 kali lebih cepat dari perenang manusia biasa.
     
    Lalu, hiu harimau atau Galecerdo cuvier kecepatan renangnya sektiar 32 km/jam. Hiu biru atau Prionace glauca, kecepatannya sekitar 39,4 km/jam.
     
    Ya ternyata, kecepatan hiu setiap jenis berbeda-beda, tergantung ukuran dan bentuk tubuhnya. Spesies hiu lebih kecil dan ramping ternyata punya kecepatan lebih tinggi, daripada ikan sejenisnya yang lebih besar.
     
    Adalah hiu mako sirip pendek (Isurus oxyrinchus). Hiu ini ramping dan menjadi perenang tercepat di spesiesnya. Kecepatannya berada pada jarak 50 km/jam. Bahkan beberapa sumber mencatat, hiu mako sirip pendek kecepatannya bisa mencapai 60 km/jam.
     
    Bukan hanya itu saja, hiu mako sirip pendek mampu melakukan lompatan raksasa hingga 20 kaki kaki atau sekitar enam meter di dalam air. (dwq)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES