1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    13 September 2016 17:21

    Habis Baca Ini, Anda Tak Lagi Makan Makanan Jatuh "Belum 5 Menit"

    Ungkapan "belum lima menit" ternyata salah besar

    Feed.merdeka.com - "Sayang, belum lima menit", ungkapan tersebut biasa kita gunakan saat makanan kesayangan belum lama terjatuh. Alasannya sederhana, karena sebagian orang berpikir makanan nampak aman dikonsumsi sebab belum terjatuh dalam waktu yang lama.

    Sayangnya, ungkapan tersebut dibantah oleh para peneliti. Jangankan lima menit, makanan terjatuh selama lima detik saja dapat berpengaruh negatif pada tubuh kita.

    Seperti yang dilansir sciencealert, bakteri kotor akan berpindah pada tubuh kita di bawah satu detik melalui makanan yang terjatuh.

    "Banyak yang mengatakan makanan yang jatuh di lantai lalu diambil secara cepat masih aman dikonsumsi karena membutuhkan waktu untuk bakteri sampai ke tubuh kita. Dari situlah kami memutuskan untuk menguji topik tersebut menggunakan ilmu pengetahuan," ujar Donald Schaffner, anggota penelitian dari Rutgers University, Amerika Serikat.

    Hasil gambar untuk mengambil makanan yang jatuh

    Tim peneliti memilih empat jenis permukaan antara lain stainless steel, keramik, kayu, serta karpet. Serta memilih beberapa makanan yang berbeda untuk dijatuhkan ke atas permukaan tersebut. Makanan tersebut seperti semangka, roti, serta permen.

    Setelah makanan dijatuhkan, mereka dibiarkan di atas lantai selama satu detik, lima detik, 30 detik, serta 300 detik.

    Tim menemukan faktor terbesar bakteri masuk ke dalam tubuh ialah jumlah kadar air dari makanan, diikuti dengan jenis permukaan. Bakteri tidak ragu-ragu mentransfer diri. Semakin lama makanan berada di atas lantai, semakin bakteri menemukan jalan cepat ke dalam tubuh.

    "Bakteri masuk ke dalam tubuh dari permukaan yang lembap saat makanan tersebut terjatuh. Bakteri tidak memiliki kaki, mereka bergerak dengan kelembapan , makanan basah semakin tinggi berisiko," tambah Schaffner.

    Hasil gambar untuk mengambil makanan yang jatuh

    Jadi, mengambil makanan dalam waktu kurang dari lima detik pun sudah cukup buat bakteri masuk ke tubuh kita. Terutama jika makanan basah atau lengket seperti semangka atau permen.

    Baca juga:

    4 Bahan Berbahaya dalam Deodoran yang Anda Gunakan

    Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Roti Tawar

    Bahaya Minum Air Putih bagi Bayi di Bawah Usia 6 Bulan

    Bahaya Plastik dan Kaleng untuk Ibu Hamil

    Apakah Bayi Mendengkur Berbahaya?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES