1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    4 April 2016 17:00

    Rajin Lari Pagi Bisa Tingkatkan Kesuburan Wanita

    Lari pagi akan membuat siklus haid wanita teratur.

    Feed.merdeka.com - Banyak wanita mengeluhkan mengapa setiap bulan, haid selalu datang terlambat. Mungkin penyebabnya adalah Sindroma Ovarium Polikistik (Polycystic Ovarian Syndrome/PCOS) atau juga dikenal sebagai Sindroma Stein.

    Sindrom ini merupakan salah satu gangguan hormonal yang paling sering terjadi pada sekitar lima hingga sepuluh persen dari wanita usia reproduksi berumur 12 - 45 tahun. Penyakit inilah yang diduga menjadi salah satu penyebab utama infertilitas wanita atau pasangan yang sulit memiliki keturunan.

    "20 persen PCO kemungkinan terjadi pada wanita dengan gaya hidup yang tidak sehat, akibatnya gangguan hormon seperti siklus haid yang tidak teratur," ujar dr. Ivan. R. Sini, SpOG, spesial kandungan RS. Bunda, ketika ditemui di bilangan Jakarta, Senin, 4 April 2016.

    Anda dapat dengan mudah mencegah PCO ini terjadi dengan kualitas hidup yang sehat seperti olahraga yang teratur dan berat badan yang ideal. "Lari setiap pagi dapat mencegah PCO karena siklus haid akan teratur. Orang gemuk bukan berarti tidak sehat namun Anda tetap harus memerhatikan berat badan yang ideal," tambah dr. Ivan

    Wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas punya peluang sebanyak 50 hingga 60 persen mengalami PCOS. Pasalnya wanita yang tubuhnya kegemukan akan mengalami resistensi insulin sehingga menyebabkan kadar insulin dalam darah meningkat.

    Kadar insulin yang tinggi akhirnya merangsang laju androgen yang berlebihan sehingga menyebabkan maskulinisasi, seperti tumbuhnya rambut dikumis, dagu, kaki, tangan yang berlebihan, dan menyerupai pola pertumbuhan rambut laki-laki. "PCO pun berkaitan dengan penyakit diabetes karena peningkatan insulin yang menyebabkan haid setiap bulan tidak lancar," ungkap dr. Ivan.

    Baca juga:

    Menunda Kehamilan Bisa Berakibat Kesulitan Memiliki Momongan

    Tips Tantri 'Kotak' Tetap Aktif Saat Hamil Tua

    Intip Cara Ayudia Bing Slamet Jalani Kehamilan

    6 Jangan Saat Hamil

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES