1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Zika    16 Februari 2015 10:32

    Ragam Kubur Menakjubkan dari Seluruh Dunia

    Penguburan bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung budaya suatu wilayah.

    Feed - Paul Koudounaris dalam buku terbarunya berjudul Memento Mori: The Dead Among Us, berbagi ragam kubur luar biasa dari penjuru dunia. Salah satunya dari Indonesia, tepatnya dari Sulawesi Selatan.

    Lampa, Peru
    Kubur yang nampak dari Zaman Pertengahan ini sebenarnya dibuat pada abad ke-20. Berawal dari seorang pria yang melacak garis leluhurnya hingga ke kota pertambangan bekas permukiman Spanyol. Ia mengajukan petisi pada gereja setempat agar boleh menggali tulang-belulang warga kota itu untuk dijadikan dekorasi dalam makamnya sendiri.

    via buzzfeed.com

    Waldsassen, Jerman
    Pada abad 17 dan 18 adalah hal biasa menghias kerangka seseorang dengan perhiasan di seluruh tubuhnya. Tradisi yang populer di sebagian Jerman, Austria, dan Swiss ini diterapkan bagi mereka yang dianggap sebagai orang suci. Kerangka dari Waldsassen ini misalnya, ia ditemukan di perkuburan Roma dan diyakini sebagai martir.

    via buzzfeed.com

    Sedlec Ossuary, Rep.Ceko
    Gereja yang terletak di Sedlec, dekat Kutna Hora, Republik Ceko, ini terkenal dengan sebutan "Gereja Tulang". Ini merupakan gereja pekuburan yang sepenuhnya didekorasi dengan menggunakan tulang.

    via buzzfeed.com

    Roma, Italia
    Hingga abad ke-19, pekuburan di Roma sebagian besar dilakukan di halaman gereja. Saat pekuburan itu sudah penuh, kerangka lama diangkat dan disimpan di tempat lain untuk memberikan ruang bagi mereka yang baru saja dikuburkan.

    via buzzfeed.com

    Gua Pekuburan Opdas, Filipina
    Pekuburan di dalam gua merupakan tradisi yang umum terlihat di budaya Asia. Termasuk gua pekuburan ini yang ditemukan di Filipina. Awal penemuannya dilakukan oleh seorang pria yang mengaku mendengar suara misterius. Ia pun menggali tempat yang ditunjuk sang suara dan menemukan gua ini di bawah propertinya.

    Kete Kesu, Toraja
    Pekuburan di batu merupakan tradisi yang dianut masyarakat Toraja, Sulawesi Selatan. Namun di wilayah Kete Kesu di Toraja, mereka yang wafat tidak diletakkan dalam batu, namun ditumpuk di sepanjang jalan menuju ke mulut gua.

    via Buzzfeed.com

    Lihat pekuburan lainnya di Tautan Ini.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES