1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Indra    20 Januari 2015 13:14

    Pesan Moral Bob Sadino untuk Pebisnis Muda

    Selamat Jalan Bob Sadino. Semoga semangat berbisnis Om Bob diteladani generasi muda Indonesia.

    Feed - Dunia entrepreneur Tanah Air berduka atas wafatnya salah satu pengusaha inspiratif, Bob Sadino. Pria kelahiran Lampung 9 Maret 1933 itu meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Selatan, Senin 19 Januari 2015.

    Belum diketahui penyakit apa yang diderita Om Bob sebelum wafat. Namun kesimpulan sementara mengatakan, pria bernama lengkap Bambang Mustari Sadino meninggal karena komplikasi. 

    Semasa hidupnya, Bob Sadino kerap wara-wari untuk mengisi seminar seputar bisnis. Celotehannya secara spontan keluar dari mulut. Bukan tanpa pesan, tiap kalimat yang diutarakan selalu masuk akal meski kadang sulit detirma oleh nalar.

    Om Bob sering kali memberikan petuah yang membuat orang lebih berpikir dari biasanya. Mencerna kalimat demi kalimat. Hingga pada akhirnya pesan yang disampaikan bisa menginspirasi banyak orang.

    Tak heran jika Indonesia merasa kehilangan salah satu sosok inspiratif dalam bidang wirausaha. Lalu apa pesan Bob Sadino? Simak selengkapnya.

    1. "Ingin sukses jangan takut mencoba dan gagal"

    Om bob memulai bisnis pertamanya dengan membuka penyewaan mobil. Di situ Om Bob menyewakan mobil mercedez kesayangan sekaligu menjadi sopirnya. Bisnisnya tak mulus, setelang mengalami kebangkurtan usai kecelakaan dan kerusakan mobil yang cukup parah.

    Tak menyerah sampai di situ. Om Bob disarankan seorang kawan untuk berbisnis telur ayam negeri dan memberikannya modal 50 ekor ayam negeri.

    Seiring waktu,bisnis telur ayam negeri pun mulai di kenal di pasaran dan pada tahun 1969, beliau mendirikan supermarket miliknya sendiri yang diberi nama Kem Chicks. Dari sana bisnisnya terus melebar dan kian sukses hingga detik ini.

    Dalam berbisnis beliau punya falsafah bahwa untuk memulai sebuah usaha tidak perlu terlalu banyak berpikir, yang paling utama adalah berani bertindak. Dari situ kita bisa melihat, bahwa tak ada yang perlu ditakutkan untuk memulai kesuksesan dan jangan taku mencoba. Baca selengkapnya di sini via herdi73.wordpress.com.

    2. "Hiduplah Tanpa Rencana"

    "Hiduplah Tanpa Rencana". Begitu kata Bob Sadino. Dari kalimat yang terlontar dari mulutnya ia menekankan pada sebuah proses. Perjalanan untuk mencapai sebuah kesuksesan.

    Mengawali usaha dari berbisnis telur, ia tak pernah menduga bisa mempunyai supermarket dan apartemen. 40 Tahun dilewati semua hingga akhirnya menggenggam sebuah kata sukses.

    Pentingnya perjalanan, ketekunan, akumulasi pengalaman, dan kesabaran. Jadi pilar bagi mereka yang ingin mencapai titik keberhasilan. Hidup tanpa perencanaan akhirnya terjawab. Dibuktikan secara nyata. Pengalaman, kesabaran, dan ketekunan mengubah hidup seorang Bob Sadino. Baca selengkapnya di sini via kompasiana.com.

    3. "Jadilah yang pertama.. jika tidak, jadilah yang terbaik.. Jika masih tidak juga, jadilah yang berbeda."

    ‘Be the first.. Be the best and Be different..’ itulah prinsip sukses yang selalu diutarakan oleh Bob Sadino. Menurut dia untuk melakukan bisnis jadilah yang pertama, jika tidak, jadilah yang terbaik, jika masih tidak juga, jadilah yang berbeda.

    Seperti sudah diketahui, untuk mencapai ke level kesuksesan Bob Sadino berangkat dari seorang sopir, mengalami kebangkrutan, hingga akhirnya mulai berbisnis hanya bermodalkan 50 ekor ayam negeri.

    Jatuh bangun yang dialaminya itu pun berakhir manis. Bob Sadino memiliki beberapa perusahaan besar.Diantaranya adalah,Kem Chicks di Jakarta Selatan, Kem Foods, dan Kem Farms di Jawa Tengah. Baca selengkapnya di sini via anggaleoputra.blogspot.com. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES