1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Denisa    5 Maret 2015 18:00

    Awas, Kemasan Air Minum Mengandung Penyakit

    Jika tidak teliti, bukan sehat khasiat air mineral yang masuk ke dalam tubuh Anda, melainkan penyakit.

    Feed - Air minum dalam kemasan (AMDK) tak dipungkiri menjadi kebutuhan utama sebagian besar penduduk bumi. Hal yang jarang diperhatikan dari konsumen AMDK ialah kemasan itu sendiri. Padahal spesifikasi kemasan layak konsumsi itu ada, khususnya bagi Anda yang sering beli AMDK di pinggir jalan atau pedagang keliling sebaiknya berhati-hati sejak dini. Selengkapnya Bahaya AMDK Bagi Kesehatan via health.kompas.com.

    Hal-hal penyebab kualitas AMDK berkurang :

    1. Matahari

    "Contohnya ada pedagang memasukkan AMDK ke kulkas hari ini, besoknya karena tidak terjual dikeluarkan dari kulkas atau memajang AMDK dagangannya di tempat yang mempunyai kontak langsung dengan matahari, ini berbahaya bagi kualitas AMDK tersebut," kata Hendro Baruno, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (Aspadin) memaparkan persoalan tersebut.

    2. Mikroba

    "Jumlah mikroba dalam air itu bisa bertambah sesuai handling-nya. Walaupun saat keluar pabrik airnya bersih, tapi kalau handling-nya salah saat di tangan konsumen, bisa jadi kotor. Misal, ditaruh di bawah sinar matahari atau kemasannya bocor atau terkoyak-koyak karena dilempar, itu bisa memacu perkembangan mikroba di dalamnya," papar Roy Sparingga selaku Deputi Keamanan Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

    3. Zat kimia


    Zat kimia digunakan dalam kemasan plastik dan seringkali dikaitkan dengan risiko kanker, bahkan diberi label zat beracun. Zat itu adalah Bishopenol A (BPA) yang tak lain merupakan bahan kimia yang umum untuk membuat botol plastik. BPA mengandung endocrine disruptor yang memiliki dampak memengaruhi hormon normal di dalam tubuh.

    BPA bisa "menipu" tubuh untuk meningkatkan lebih banyak lemak. Bahkan, BPA dapat membuat jumlah produksi insulin (cara tubuh mengatur lemak dan karbohidrat). Jika terlalu banyak insulin, tubuh jadi "kebal" terhadap dampaknya dengan kenaikan berat badan dan diabetes tipe dua. Selengkapnya Zat kimia via klinikpengobatanalami.wordpress.com.

    4. Buat bibir cepat keriput

    Ahli Dermatologi Dr. Marilyn Berzin menyatakan bahwa bibir berkerut karena minum dari botol bisa sama buruknya dengan merokok. Marilyn juga menambahkan, kerutan di bibir akan permanen jika sering dilakukan selama lebih kurang dua tahun. Selengkapnya Bahaya kandungan kemasan air minum untuk bibir via klinikpengobatanalami.wordpress.com.

    Kemasan AMDK berbahaya info dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesi (YLKI), sumber kompas.com :

    1. Prestige (PT Tanahmas Tirta Lestari, Jabar)
    2. Top Qua (PT Sumber Warih Sejahtera, Depok) 3. Airmax (PT Jitu, Tangerang)
    4. Caspian (PT Cisalada Jaya Tirtamarta Indonesia, Sukabumi)
    5. Club (PT Tirta Tama Bahagia, Bogor)
    6. Pasti Air (PT Tang Mas Indonesia untuk PT Sumber Alfaria Tridjaya)
    7. Vit (PT Sumber Sukses Sentosa, Bogor untuk PT Tirta Investasi, Jakarta)
    8. Prim-A (PT Sinar Sosro Indonesia)
    9. De As (PT Ravindo Rezeki, Bogor)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES