1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    5 Oktober 2015 17:41

    7 Obat Rumahan untuk Mengatasi Gatal yang Mengganggu

    Jika Anda merasa gatal cobalah tujuh pengobatan rumah alami ini.

    Feed - Rasa gatal pada kulit pasti sering Anda rasakan. Saat rasa itu menyerang, Anda akan terus-menerus menggaruknya. Hal ini dapat menyebabkan kulit Anda lecet bahkan berdarah. Rasa gatal bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dua di antaranta yaitu kulit kering dan disengat serangga. Untuk meredakannya ada beberapa obat rumahan terbaik seperti yang dilansir boldsky berikut.

    1. Tanah liat

    via: boldsky.com

    Selain membantu Anda untuk mengurangi jerawat, ternyata tanah liat dapat meredakan rasa gatal karena gigitan serangga. Yang perlu Anda lakukan hanya membuat pasta dari tanah liat menggunakan air biasa lalu tempelkan pada bagian yang gatal. Biarkan pasta tersebut kering, kemudian bilas dengan air dingin. Mudah, bukan?

    2. Cuka sari apel

    via: authoritynutrition.com

    Cuka sari apel adalah anti-septik, anti-jamur, dan anti-bakteri yang efektif mengusir gatal. Cuka ini salah satu pilihan terbaik mengobati kulit kering terutama untuk luka bakar akibat sengatan matahari serta ampuh membersihkan ketombe.

    3. Daun mint

    via: boldsky.com

    Daun mint adalah obat rumahan terbaik untuk menyingkirkan gatal akibat gigitan serangga karena memiliki efek pendinginan pada kulit. Anda hanya perlu menghancurkan beberapa daun mint segar kemudian tempelkan pada kulit yang gatal.

    4. Daun kemangi

    via: boldsky.com

    Daun kemangi mengandung senyawa anti-gatal yang lebih dikenal dengan kamper atau thymol. Caranya hanya dengan menggosok daun pada kulit yang gatal.

    5. Lidah buaya

    via: manfaatbuahdaun.blogspot.com

    Lidah buaya memiliki efek menenangkan pada kulit dan memiliki kemampuan untuk menyebuhkan luka bakar matahari agar tidak iritasi.

    6. Oatmeal

    via: quakeroats.com

    Oatmeal memiliki senyawa yang dikenal sebagai avenanthramides untuk membantu mengurangi peradangan. Anda cukup membuat pasta dari oatmeal menggunakan air kemudian tempelkan pada kulit yang gatal. Lalu biarkan mengering. Setelah itu bilas menggunakan air.

    7. Lemon

    via: boldsky.com

    Lemon kaya akan vitamin C. Minyak atsiri dalam lemon memiliki kemampuan untuk mematikan rasa gatal dan baik untuk peradangan. Yang perlu Anda lakukan adalah menempelkan lemon pada kulit yang gatal dan biarkan mengering.

    Baca Juga:

    Mengapa Gigitan Nyamuk Terasa Gatal?

    Panduan Wisata Darat, Udara, dan Air untuk Si Ibu Hamil

    Manfaat Luar Biasa Menaruh 2 Potong Es di Leher

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES