1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Denisa    17 November 2014 19:42

    Pantai Harlem, Spot Baru Penyelam di Papua

    Pulau Harlem baru ditemukan di awal tahun 90-an dengan kekayaan alam yang sangat indah.

    Feed.merdeka.com - Menjamah tempat wisata yang masih jauh dari peradaban manusia memang kadang memerlukan pengorbanan. Salah satunya perjalanan menuju Pantai Harlem yang terletak di pedalaman Jayapura, Papua.
     
    Terletak di Kampung  Tablanasu, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura,Papua perjalanan ke Harlem memakan waktu sekitar dua jam dengan jarak tempuh sekitar 60 kilometer. 
     
    Lamanya perjalanan ke Harlem tak lain karena kondisi jalan dari arah Sentani menuju Depapre kurang mulus. Maklum, banyak lubang di sepanjang jalan dan penuh debu, bahkan akses itu sangat sempit.
     
    Agar sampai di Depapre, wisatawan wajib menaiki transportasi laut karena belum adanya angkutan darat yang bisa melintasi perbukitan. Namun, dengan menumpangi kapal cepat dengan harga sewa Rp.350.000 kapasitas 10 orang hanya diperlukan waktu 15 menit dari Dermaga Depapre menuju Harlem. 
     
    Jadi, 155 menit dibutuhkan untuk menginjakkan kaki di Harlem dari Jayapura. Dari kejauhan saat menaiki kapal cepat sedikit demi sedikit lelah perjalanan akan terbayar dengan keindahan Pantai Harlem.
     
    Pasalnya, air di Pantai Harlem berwarna kehijauan bahkan jernih. Dengan kejernihannya aneka biota laut sudah dapat dilihat telanjang mata, sekaligus aneka ikan berukuran kecil walaupun terlihat sedikit terumbu karang disekitar 10 meter sebelum bibir pantai.
     
    Sesampainya di di bibir pantai, pasir putih nan halus menyapa tanpa ada satupun kerikil. Lelah terbayar.
     
    Dengan keindahan bawah laut yang luar biasa ini tentu Harlem menjadi salah satu spot baru bagi penyelam. Belum banyak yang tau dan datang ke Harlem. Hal itu sempat diungkapkan oleh salah satu wisatwan Harlem seperti dilansir kompas.com.
     
    "Selain masih sepi, saya sangat nyaman dengan kebersihan tempat ini. Mudah-mudahan kepeduliaan warga untuk menjaga kebersihan di Harlem tetap terpelihara hingga bertahun-tahun,"kata Eva Sipos wisatwan asal Hongaria di Harlem.
     
    Kenyamanan lain yang tersedia di Pantai Harlem ialah terdpatnya kolam air tawar berjarak 7 meter dari bibir pantai. Bahkan dari informasi warga sekitar, kolam tersebut sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan menjadi tempat tinggal beberapa jenis ikan.
     
     
    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES