1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    30 November 2015 17:46

    Manfaat Menakjubkan Mendongeng untuk Anak

    Anak akan lebih tenang karena sebelum tidur mendengarkan suara orangtua mereka.

    Feed - Sudahkah Anda mendongeng untuk anak Anda hari ini? Untuk Anda yang mempunyai batita dan balita, sangat penting untuk membacakan dongeng kepada anak. Biasanya mendongeng dilakukan sebelum tidur agar si buah hati bisa tidur dengan nyaman.

    Menurut Devi Raissa, seorang psikolog anak dan pendiri Rabbit Hole (layanan penyedia jasa pembuatan buku dongeng dengan ilustrasi menarik), mendongeng sebelum tidur bisa membuat tidur anak lebih nyenyak dan nyaman. Selain mendengarkan cerita, anak-anak juga akan lebih tenang karena sebelum tidur mendengarkan suara orangtua mereka.

    "Mendongeng sebelum tidur juga membangun rutinitas buat anak, setelah mendengarkan dongeng, dia harus tidur jadi anak-anak akan terbiasa,” kata Devi saat berbincang dengan kru Feed.id sebuah mal di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

    (Pertunjukan boneka di sebuah mal di kawasan Kuningan, Jakarta. Foto: Arman Maulana Azis/Feed.id)

    Cara lain mendongeng adalah dengan melakukan pertunjukan boneka (Puppet Show) dengan menggunakan media boneka sebagai lakonnya. Bentuk-bentuk yang lucu, karakter yang unik, dan berwarna-warni akan meningkatkan rasa ingin tahu, lebih fokus, melatih interaksi anak, melatih kreativitas, dan melatih daya imajinasi anak.

    (Boneka dari kaos kaki dan kotak susu. Foto: Arman Maulana Azis/Feed.id)

    Tessar T. Wardhana, seorang dalang Puppet Show dari komunitas Puppetaria mengatakan, setelah menonton pertunjukan ada baiknya anak diajak untuk membuat boneka dan kisahnya sendiri. Misalnya dengan membuat sebuah boneka sederhana dari kaus kaki atau kotak bekas susu. Biarkan anak Anda memilih sendiri aksesoris, warna, dan bentuk yang diinginkan sesuai imajinasi mereka. Tugas Anda hanya membantunya membuat boneka itu.

    (Boneka dari kaos kaki dan kotak susu. Foto: Arman Maulana Azis/Feed.id)

    “Ketika mereka membuat karakter, ini suaranya kaya gimana ya? Dia punya hobi apa ya? Namanya siapa ya? Itu bisa melatih imajinasi mereka," jelas Tessar saat ditemui setelah pertunjukan boneka di sebuah mal di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

    Menurutnya imajinasi itu penting bagi anak-anak. Karena dengan berimajinasi dari barang-barang yang sudah ada, bisa mereka kreasikan dan inovasikan menjadi barang yang baru. Tidak dipungkiri sesuatu yang inovatif lahir dari hal-hal yang sederhana. “Imajinasi hubungannya dengan inovasi. Dengan melatih kreativitas, merupakan sebuah perangkat agar anak-anak giat berimajinasi dan memperkuat imajinasi mereka," tambah Tessar.

    (Arman Maulana Azis)

    Baca juga:

    Para Ayah Berwajah Seram Tapi Beranak Cantik Rupawan

    Rangkaian Selebriti Indonesia Ini Punya Anak Tanpa Hamil

    Kiat Para Artis Indonesia Mengatasi Diare pada Anak

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES