1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    26 Maret 2015 11:40

    Macam Kegunaan Air Kencing yang Mencengangkan

    Meski terdengar menjijikan, masih banyak kegunaan air kencing yang perlu Anda tahu.

    Feed - Jangan buang air kencing Anda. Limbah tubuh berupa air itu ternyata menyimpan banyak manfaat yang tidak pernah kita duga. Kegunaannya bahkan sudah teruji secara sains dan mempelopori berdirinya terapi urine. Terapi ini menggunakan urine Anda sendiri untuk diminum, bahan pijat, bahkan mandi. Meski terdengar menjijikan, ternyata masih banyak lagi kegunaan air kencing yang perlu Anda tahu seperti dikutip dari berbagai sumber.

    via blog.opsh.com

    Memutihkan baju
    Jika Anda selama ini kesal dengan noda di baju putih, cobalah gunakan urine untuk mengatasinya, Kandungan amonia dalam urine terbukti bisa menghilangkan segala macam noda di baju. Ini sudah dibuktikan oleh masyarakat Roma Kuno yang sengaja mengumpulkan urine dari penduduknya. Dilansir dari Fox News, pemerintah menyediakan kendi atau penampung apa pun di penjuru kota agar bisa dikencingi oleh warga. Kendi ini kemudian akan dibawa ke lokasi pencucian umum sebagai bahan utama pemutih pakaian.

    via www.4us2be.com

    Pemutih gigi
    Masih dari masyarakat Roma Kuno, mereka juga menggunakan air kencing sebagai pemutih gigi. Ini dituliskan seorang penyair Roma bernama Catullus yang mengisahkan bahwa Egnatius memakai air kencing dan permen karet merah untuk memutihkan giginya. Metode yang terdengar aneh ini ternyata sudah lebih dulu digunakan oleh masyarakat Yunani Kuno.

    via makerfaireafrice.com

    Pembangkit listrik
    Empat gadis muda asal Afrika menemukan bahwa urine juga bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Keempatnya, Duro-Aina Adebola, Akindele Abiola, Faleke Oluwatoyin, dan Bello Eniola, menemukan bahwa satu liter urine bisa digunakan untuk menyuplai listrik selama enam jam. Seperti diberitakan Forbes, penemuan ini mereka pamerkan saat Maker Faire, di Lagos, Nigeria, di tahun 2012 silam.

    via www.moderatestyles.com

    Menghaluskan kulit
    Anda yang ingin mendapat kulit mulut dan tetap kencang bisa mencoba metode mandi dengan air kencing. Kualitas kulit akan makin baik jika berendam di air kencing yang sudah berusia cukup lama, hanya saja Anda harus tahan dengan aromanya. Air kencing juga terbukti bisa menyembuhkan rasa gatal, terbakar karena matahari, dan jerawat. Sedangkan untuk kaum pria, urine bisa berguna sebagai aftershave yang paling efektif melembutkan kulit.

    via coolpile.com

    Mengisi baterai ponsel
    Percaya atau tidak, urine Anda bisa melakukan ini. Tahun 2013 lalu, Dr Ioannis Ieropoulos dari Bristol Robotics Laboratory, Inggris, bisa mengisi ulang sebuah ponsel dengan urine yang sudah melalui proses kimiawi yang melibatkan mikroba.

    Ia yakin bahwa di masa depan nanti manusia akan menempatkan alat buatannya ini di kamar mandi untuk memanen air kencing dan menggunakannya untuk isi ulang baterai ponsel. "Kami saat ini tengah mengusahakan pembiayaan bersama beberapa partner di AS dan Afrika Selatan untuk mengembangkan toilet pintar," ujarnya seperti dilansir dari BBC.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES