1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    4 November 2015 16:04

    Jenis Penyakit yang Anda Alami Berdasarkan Kelompok Umur

    Tanda-tandanya perlahan muncul tanpa kita sadari.

    Feed - Seiring bertambahnya umur, maka makin banyak cela berbagai jenis penyakit menyerang tubuh kita. Hal itu tidak bisa dipungkiri, tanda-tandanya perlahan muncul tanpa kita sadari.

    Yang perlu dilakukan yakni mengambil langkah untuk memimpin hidup sehat. Bagaimana menjaga kebugaran tubuh dan jenis makanan apa saja yang layak untuk dikonsumsi.

    Dalam panduan eksklusif yang dipublikasi littlethings.com, menjelaskan bahwa risiko kesehatan pria dan wanita bisa dilihat dari kelompok umur. Gulirkan terus ke bawah dan lihat risiko penyakit apa yang rentan Anda alami.

    Usia 20 tahunan

    via littlethings.com

    Pada usia ini, perempuan mudah untuk menderita kolesterol tinggi yang sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi atau diabetes. Pastikan Anda melakukan pemeriksaan tingkat kolesterol secara komprehensif, setidaknya sekali setiap lima tahun, dimulai dari usia 20.

    Selain kolesterol, usia 20 tahun juga rentan terhadap penyakit melanoma, salah satu kanker paling ganas di luar sana. Umumnya penderitanya dialami orang dewasa berusia 25 sampai 29 tahun. Maka, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan kulit setidaknya sekali setahun. Di usia 20, wanita juga harus melakukan pemeriksaan panggul dan pap smear tahunan, untuk memeriksa tanda-tanda kanker serviks.

    Sementara untuk pria dianjurkan untuk memeriksa testis tahunan mulai dari usia 20, sebagai pencegahan kanker testis yang umum terjadi pada pria berusia antara 20 tahun sampai 39 tahun. Anda juga diharuskan memiliki tekanan darah normal dan melakukan pemeriksaan darah setiap kali kunjungan ke dokter.

    Usia 30 tahunan

    via littlethings.com

    Salah satu ancaman kesehatan terbesar bagi perempuan di usia 30-an adalah kanker serviks. Itu sebabnya para wanita dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan panggul tahunan dan pap smear untuk memeriksa setiap kali muncul kelainan.

    Sementara itu, pria harus berhati-hati dari gejala penyakit jantung yang kerap dialami pada usia 35 tahun ke atas. Pria berusia 30-an juga harus terus memeriksa testis tahunan dan mulai memeriksa kolorektal dan kanker prostat secara rutin.

    Tidak lupa, terutama untuk para wanita agar mulai melakukan pemeriksaan payudara tahunan. Sebab, banyak wanita juga akan mengalami siklus mammogram, terutama jika kanker payudara turunan dari keluarga.

    Anda, baik wanita maupun pria juga harus melakukan tes gula darah setidaknya setiap lima tahun sekali. Hal ini penting untuk mencegah berkembangnya diabetes tipe 2.

    Usia 40 tahunan

    via littlethings.com

    Saat masuk usia 40 tahun, pria maupun wanita akan lebih jelas mengalami penuaan fisik dan berada di peningkatan risiko berbagai bentuk kanker. Wanita sekarang harus melakukan pemeriksaan mammogram tahunan, seperti kanker payudara.

    Selain itu, wanita juga dianggap paling berisiko mengalami menopause, itu sebabnya penting bagi wanita untuk melakukan pemeriksaan ovarium setiap tiga tahun. Sementara bagi pria, mereka harus menjalani tes gula darah dan kolesterol untuk meminimalisir risiko penyakit jantung.

    Pria di usia 40-an juga dianjurkan untuk mulai melakukan pemeriksaan prostat secara rutin, terutama jika ada masalah saat buang air kecil atau nyeri panggul. Pria harus memeriksa kolorektal tahunan, sebagai pencegahan kanker kolorektal terutama saat usia 40 ke atas.

    Usia 50 tahunan

    via littlethings.com

    Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu bagi perempuan dan laki-laki, terutama bagi mereka yang menginjak usia di atas 50 tahun. Sehingga penting untuk melakukan pemeriksaan koroner, gula darah, dan kolesterol.

    Di usia ini, wanita juga harus mulai memeriksa kepadatan tulang setiap tiga tahun untuk menyaring osteoporosis. Sebab, satu dari tiga wanita di atas 50 tahun rentan mengalami patah tulang.

    Wanita juga penting untuk melakukan pemeriksaan kanker usus setiap tiga tahun sekali. Sebab, banyak wanita yang berusia 54 tahun ke atas didiagnosis menderita kanker usus. Selain itu, wanita juga harus mendapatkan pemeriksaan ovarium setiap tiga tahun untuk mendeteksi kanker ovarium, kanker yang paling umum dialami wanita di atas 50 tahun.

    Sementara pria berusia antara 50 tahun sampai 59 tahun sudah mulai mengembangkan kanker prostat. Maka, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan kanker prostat setidaknya sekali setiap tiga tahun.

    Usia 60 tahunan

    via littlethings.com

    Sangat penting untuk dicatat bahwa 75 persen penyakit stroke terjadi pada pria maupun wanita saat berusia 65 tahun ke atas. Pada usia ini wanita juga harus melakukan tes kepadatan tulang setiap dua sampai tiga tahun, untuk memeriksa osteoporosis. Menurut laporan, 50 persen wanita di atas usia 60 tahun akan menderita patah tulang akibat penyakit tersebut.

    Pada usia ini, peningkatan risiko berbagai bentuk kanker juga akan terus menghantui. Baik pria maupun wanita harus segera melakukan pemeriksaan kolorektal setiap tiga tahun sekali untuk mendeteksi kanker kolorektal. Jangan lupakan pula untuk memeriksa kolonoskopi setidaknya sekali setiap lima tahun, untuk memeriksa kanker usus besar. (zzu)

    Baca juga:

    Tips Cara Mendeteksi Kanker Payudara

    10 Fakta Terselubung Kanker Payudara

    Teh Mujarab, Bunuh Sel Kanker dalam 48 Jam

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES