1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    17 Maret 2015 15:00

    Jangan Lakukan Ini Jika Ingin Tidur Nyenyak

    Kualitas tidur dipengaruhi dari apa yang dilakukan sampai apa yang kita makan dan minum sebelum tidur.

    Feed - Penting punya kualitas tidur yang baik saat malam hari. Selain untuk memulihkan energi, kualitas tidur juga bisa punya pengaruh pada suasana hati seseorang. Namun baik atau tidaknya waktu tidur dipengaruhi dari apa yang dilakukan sampai apa yang kita makan dan minum sebelum tidur. Seperti dikutip health.com, berikut adalah hal yang harus Anda hindari jika ingin tidur nyenyak.

    1. Membaca elektronik

    via telegraph.co.uk

    Beberapa studi telah menyarankan bahwa menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone atau menonton televisi sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur. Hal itu disebabkan karena cahaya lampu yang dilepaskan oleh komputer, smartphone, tablet, dan TV mencegah produksi melatonin pada tubuh yang membantu tubuh menjadi mengantuk.

    2. Makan makanan pedas

    via thewannabescientist.com

    Memberi muatan sebelum tidur dengan mengonsumsi makanan berlemak atau pedas dapat tidur Anda tak nyaman. Selain perut akan terasa penuh, makanan pedas berisiko meningkatkan asam lambung.

    Jika Anda salah satu prang yang terbiasa makan sebelum tidur, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berkarbohidrat ringan atau segelas susu.

    3. Minum obat

    via metro.co.uk

    Jika Anda akrab dengan obat-obatan atau suplemen setiap harinya, Anda akan punya masalah dengan waktu tidur. Pengaruh obat tak hanya membuat Anda merasa wasapada dalam hitungan jam, obat juga bisa menimbulkan rasa nyeri yang membuat tidur lebih sulit.

    4. Minum banyak air

    via wellness.uci.edu

    Minum air sebelum tidur itu penting untuk menjaga Anda tidak merasa dehidrasi. Tapi jika Anda terlalu banyak minum air, tidur Anda akan terganggu. Sebab, Anda akan bangun tengah malam menuju kamar mandi untuk buang air.

    5. Minum kopi

    via inhabitat.com

    Secangkir kopi mengandung 80-120 miligram kafein. Jika Anda biasa meminum kopi sebelum tidur, kebiasaan itu bisa mengganggu tidur Anda. Anda akan terjaga lebih lama di malam hari karena kafein masuk ke dalam tubuh bisa menempel hingga 12 jam.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES