1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERISTIWA


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    25 Januari 2016 13:51

    Nelangsa Tawan yang Kelewat Tenar Berkat Tangan "Iron Man"

    Banyak yang menganggap robot ciptaannya itu palsu.

    Feed.merdeka.com - Sejak namanya mencuat diperbincangkan di media sosial karena kemampuan membuat robot, I Wayan Sumardana atau sering disebut Tawan diragukan oleh masyarakat. Banyak yang menganggap robot ciptaannya itu palsu. Para ahli yang datang juga mengatakan bahwa pada karyanya ini banyak ditemukan kejanggalan.

    Menanggapi komentar tidak enak dari media sosial, Tawan hanya bisa pasrah dan menerima keadaan dengan lapang dada. Mengutip dari dream.co.id, Ia juga mengatakan bahwa karyanya bukan suatu hal yang brilian, terlebih dibuat dari bahan rongsokkan.

    "Sudah, jangan diberitakan lagi, kalau diberitakan terus, nanti orang pintar di luaran sana sakit hati," kata Tawan, Sabtu 23 Januari 2016.

    Tangan Robot Iron Man Bali Dirusak Peneliti
    Pada kesempatan tersebut juga hadir ahli robot dari STIMIK Primakara Bali, Nur Khakim, yang melihat dari dekat tangan robot Tawan bekerja. Ia mengatakan banyak kejanggalan saat Tawan memasang lengan robotnya, respon yang timbul terlalu cepat dan pasti, tanpa ada kesalahan gerak.

    "Gear Box 'tangan robot' Tawan tidak terkunci, bisa dibongkar pasang, bahkan dengan kecepatan putar tertentu bisa lompat dan lepas. Gerakannya cepat, mulus dan biologis tidak menampakkan gerakan robotic mekanik," papar Kharim, Sabtu 23 Januari 2016.

    Tangan Robot Iron Man Bali Dirusak Peneliti

    Selain Kharim, Tawan juga mempersilakan para peneliti yang penasaran dengan tanggan robotnya untuk datang bertemu dengannya. Namun hal tersebut malah berdampak buruk bagi Tawan. Setelah para peneliti selesai, alat robotiknya malah tidak bisa digunakan lagi.

    "Alat saya rusak, terutama yang di kepala. Tidak bisa digunakan lagi. Kesal saya nggak bisa dipakai lagi, tadi diteliti sama ahli-ahli, malah rusak. Saya tidak bisa bekerja lagi," kata Tawan, Minggu, 23 Januari 2016. Ayah tiga anak ini bahkan berkata siap menanggung dosa jika apa yang dia katakan soal robot ini hanya bualan belaka.

    "Silakan kalau mau dicek alat ini, kalau saya bohong, bagi orang Bali itu ada karmapala. Biar saya menanggung karmapala itu kalau saya berbohong," tambah Tawan.

    Baca juga:

    Kisah Haru Tawan, dari Stroke Hingga Akhirnya Jadi "Iron Man" Bali

    Curahan Hati Para Mantan Anggota Gafatar

    Video Maling Perlente Siang Bolong di Pluit

    Virus Zika Ternyata Pernah Ditemukan di Jakarta

    Foto Kenangan Masa Kecil Mirna bersama Saudari Kembarnya

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES