1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Anisha    21 Juli 2016 17:54

    Hebat, Cara Mona Ratuliu Ajarkan Anak Agar Mandiri

    Ada triknya agar anak berani lalukan semuanya sendiri.

    Feed.merdeka.com - Mengasuh anak merupakan tantangan yang tidak mudah dihadapi oleh orangtua, terutama bagi mereka yang bekerja. Salah satu tantangannya ialah mengajarkan anak menjadi pribadi yang mandiri.

    Artis sekaligus pemerhati parenting, Mona Ratuliu, mencoba berbagi tips bagaimana membuat anak menjadi pribadi yang bisa berdiri di kakinya sendiri. Kemandirian harus diajarkan sejak anak masih kecil. Dimulai dengan berani melepaskan anak melakukan segala sesuatu sendiri, namun tetap diawasi.


    Hal tersebut dapat membangun rasa tanggung jawab anak atas segala sesuatu yang dia lakukan. "Biarkan anak makan sendiri dan mengacak-acak mainannya. Sebagai orangtua kita tidak boleh mencegahnya," kata Mona dalam saat ditemui dalam acara 'Unilever Daycare Tumbuh Kembangkan Kemandirian Anak' di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis, 21 Juli 2016.

    "Jangan takut berantakan bila anak makan sendiri atau memainkan permainannya," tambah ibu dari tiga anak itu.

    Dari makan yang berantakan tersebut kita bisa mengajarkan anak untuk membereskan makanannya. Hal ini salah satu cara mengajarkan kemandirian anak. Selain itu, memuji ialah hal yang dapat kita lakukan demi menjadikan anak kita mandiri.

    "Saya selalu berusaha untuk memuji prestasi atau keberhasilan yang diraih tiga anakku Davina, Baraka, dan Syanala mulai dari hal kecil sekalipun sehingga mereka merasa diapresiasi. Dengan begitu, anak kita akan merasa berani dan percaya diri serta menjadi lebih mandiri walau ditinggal orangtua bekerja," tambah Mona.

    Mona pun menambahkan, walapun di rumah ada yang membantu, tetap saja kita harus mengajarkan kemandirian. "Kedua anak saya yang perempuan lebih mandiri dibanding anak laki-laki saya karena karakter yang berbeda. Namun mengajarkan kemandirian tetap menggunakan teori yang sama," papar istri dari Indra Brasco itu.

    Baca juga:

    Lucunya 2 Anak Irfan Bachdim, Menggemaskan & Ter-stylish di Indonesia

    Serunya Pola Asuh Widi 'B3' yang Tak Paksakan Anak Belajar

    Membanggakan, Video Paduan Suara Anak Indonesia Gemparkan Eropa

    Imutnya Suara Anak Sheila Marcia Berduet Bersama Anji

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES