1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    9 September 2015 12:02

    Fungsi Baru Facebook: Melawan Pikun Pada Lansia

    Selain itu, Facebook juga bisa melecut interaksi sosial para lansia.

    Feed - Jangan remehkan manfaat media sosial di masa sekarang ini. Sebuah studi membuktikan bahwa media sosial macam Facebook ternyata bisa melawan penurunan kognisi dan meningkatkan aktivitas mental pada warga lanjut usia (lansia). Selain itu, Facebook juga bisa melecut interaksi sosial para lansia sehingga lebih aktif dalam berkomunikasi dan tanggap teknologi.

    Penelitian yang dilakukan oleh University of Exeter, Inggris, ini dilakukan dengan menguji 76 lansia dengan rentang usia 60 - 95 tahun. Para objek penelitian ini adalah mereka yang hanya punya sedikit pengalaman atau belum pernah sama sekali menggunakan komputer dan media sosial.

    via knue.com

    Setengah dari partisipan ini kemudian mendapat pelatihan komputer selama tiga bulan. Di dalamnya termasuk pelatihan menggunakan media sosial macam Facebook. Sementara setengah partisipan lain tidak mendapat pelatihan ini dan hanya menerima fasilitas perawatan seperti biasa.

    Hasilnya? Peneliti menemukan bahwa lansia yang menerima pelatihan komputer, mengalami perkembangan kognitif yang positif. Mereka maju dalam hal area ingatan, kemampuan verbal, orientasi, atensi, kemampuan visuo-spasial, dan bahasa. Selain itu mereka juga lebih sehat secara mental dan lebih sadar diri.

    via knue.com

    Bandingkan dengan mereka yang tidak menerima pelatihan komputer sama sekali. Mereka adalah lansia yang tidak mengalami kemajuan kognitif. Namun di akhir penelitian, para peneliti memberi anjuran pada lansia yang sudah cakap teknologi agar berhati-hati pada predator online dan para penjahat dunia maya.

    Baca juga:

    5 Hal yang Disembunyikan Facebook 

    Cara Facebook Merusak Persahabatan 

    Menebak Kepribadian Lewat Status Facebook Anda

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES