1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Anisha    20 September 2016 12:56

    Cara Cepat Atasi Mimisan di Rumah

    Jangan panik.

    Feed.merdeka.com - Mimisan atau darah yang keluar dari hidung bisa menjadi kondisi yang membuat panik. Apalagi ketika terjadi pada anak-anak.

    Mimisan merupakan pendarahan yang terjadi pada hidung. Darah yang keluar bisa dari salah satu hidung, atau bahkan keluar dari kedua lubang hidung, dengan durasi yang berbeda. Biasanya darah yang keluar dari hidung tersebut tidak begitu lama. Mimisan juga dapat terjadi saat kita tidur.

    Anda tak perlu panik untuk menangani kasus ini. Mengobatinya pun tak perlu pergi ke rumah sakit, Anda hanya perlu mengikuti langkah yang di instruksikan oleh dr. Lelita, praktisi keamanan dan keselamatan 4Life Research berikut.

    Ilustrasi mimisan
    © 2016 feed.id/www.fraserhealth.ca

    "Jika orang tersebut sadar, dudukan dengan posisi tegak agak membungkuk ke depan dan letakan kain bersih di bawah hidung, kompres dengan air es atau kain basah di daerah belakang leher atau dahi untuk menghentikan pendarahan," ujar dr. Lelita saat ditemui di bilangan Menteng, Jakarta Pusat.

    Ada beberapa orang yang menyakini menggunakan daun sirih agar darah cepat tersumbat. Namun, faktanya Anda tak perlu menggunakan sirih tersebut.

    "Hanya dengan memencet hidung dengan posisi nunduk dan bernafas melalui mulut. Darah akan berhenti tanpa menggunakan sirih. Tapi perlu diingat jangan memposisikan kepala dongak karena darah akan masuk ke tenggorokan," tambahnya.

    Baca juga:

    Arti Warna Darah Saat Menstruasi

    Inilah Cara Termudah Atasi Luka Terbuka dengan Pendarahan

    4 Ramuan Manjur Kurangi Aliran Darah Saat Menstruasi

    Pilihan Posisi Anda dalam Sebuah Ruangan Menurut Golongan Darah

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES