1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    1 Desember 2015 15:46

    Tinggalkan Gagdet, Inilah 7 Keuntungan Mengajak Anak Bermain di Luar

    Cobalah hindari <em>gadget</em> dan ajak si kecil bermain di alam terbuka saat akhir pekan.

    Feed- Bermain merupakan kegiatan yang sangat disukai bagi anak-anak. Bukan hanya hiburan, bermain memiliki manfaat yang baik bagi perkembangan anak.

    Cobalah hindari gadget dan ajak si kecil bermain di alam terbuka saat akhir pekan. Anak-anak bukan hanya puas bermain mainan yang ada, kegiatan tersebut juga menyimpan banyak kebaikan. Berikut beberapa alasan mengapa Anda wajib membawa anak bermain di luar rumah, seperti yang dilansir familyshare.

    1. Bebas bermain

    via: ed101.bu.edu

    Salah satu keuntungan bermain di alam bebas anak-anak memiliki kesempatan main dengan sepuasnya. Selain itu, si kecil dapat berimajinasi menjadikan benda-benda dari alam sebagai mainannya.

    2. Mengembangkan otak

    via: bciburke.com

    Bermain merupakan hal yang penting untuk perkembangan otak anak. Ini salah satu alasan mengapa anak-anak dilahirkan memiliki keinginan dan kemampuan untuk bermain. Taman bermain dirancang untuk berbagai jenis permainan yang berbeda. Sehingga dapat membantu perkembangan otak anak.

    3. Vitamin D

    via: lowes.com

    Berada di taman bermain bermanfaat untuk mendorong anak-anak untuk menghabiskan waktu di luar rumah. Di mana mereka bisa mendapatkan banyak udara segar serta vitamin D yang menyimpan segala macam manfaat kesehatan. Termasuk membantu si kecil membangun tulang yang kuat.

    4. Keterampilan bersosialisasi

    via: stjohncharlescity.org

    Taman bermain biasanya penuh dengan anak sebaya, sehingga memberikan kesempatan anak Anda menghabiskan waktu dengan mereka. Hal ini juga mengajarkan kepada si kecil aturan-aturan sosial dan cara berinteraksi dengan anak lain dari berbagai usia atau yang memiliki kebutuhan khusus. Selain itu, bermain di alam bebas dapat mengembangkan kemampuan bahasa mereka ketika berbicara dengan sesama.

    5. Perbaikan suasana hati

    via: localtalk.mynewplace.com

    Bermain di luar ialah obat pereda stres bagi Anda dan anak-anak. Terkadang perubahan pemandangan dengan mengunjungi taman bermain dapat mengatasi si kecil yang tengah rewel.

    6. Mengenal hewan

    via: express.co.uk

    Taman tidak hanya baik untuk anak tetapi juga menjadi tempat tinggal hewan. Anak-anak dapat mengenal tupai, kadal, burung serta serangga yang ada di taman.

    7. Keterampilan motorik

    via: inhabitots.com

    Bermain di luar bagus untuk perkembangan berjalan, memanjat, meluncur, berayun, bermain-main, dan segala macam kegiatan yang mengajarkan keterampilan motorik. Khusus untuk balita, dapat mengajarkan keterampilan motorik. Sementara untuk anak prasekolah dapat menyempurnakan keterampilan mereka.

    Satu manfaat besar tentang keterampilan motorik adalah membuat anak bergerak. Inilah yang menjadi "olahraga" bagi mereka, membantu membangun otot, dan mengurangi obesitas.

    Baca Juga:

    7 Hal yang Harus Anda Amankan agar Anak Selamat Bermain di Rumah

    Manfaat Menakjubkan Mendongeng untuk Anak

    Begini Caranya Membuat Anak Cerdas Lewat Mainan

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES