1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Indra    20 Januari 2015 18:05

    Metamorfosis Raksasa `Putri Duyung Penggoda`

    Kafe berlogo putri duyung ini sudah punya penggemar di Indonesia.

    Feed - Buat para penikmat kopi, mungkin sudah tak asing lagi dengan perusahan kopi asal Amerika yang satu ini. Yap benar sekali, Starbucks namanya.

    Kafe yang memiliki logo putri duyung ini sudah menjamur di seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Hampir semya pusat perbelanjaan besar di Tanah Air memiliki kedai kopi yang satu ini.

    Dalam penyajiannya, Starbucks tak cuma mengandalkan kopi. Tetapi juga menghadirkan sajian minuman panas berbasis espresso, minuman dingin, makanan ringan, serta cangkir dan biji kopi.

    Namun dari nikmat dan aroma kopi, salah satu perusahaan asal Paman Sam ini menyimpan banyak hal menarik di dalamnya. Apa saja itu? Berikut hal yang Anda tidak ketahui tentang Starbucks.

    1. Dua guru dan satu penulis

    via quazoo.com

    Meskipun perusahaan kopi asal Amerika ini berada di bawah kendali Howard Schultz yang menjabat sebagai CEO. Peran ketiga orang penting ini tak bisa dilupakan.

    Berdiri sejak tahun 1971 di Seattle, Jerry Baldwin, Gordon Bowker, Zev Siegl lah yang memiliki ide untuk medirikan Starbucks. Ketika itu Jerry Baldwin yang berprofesi sebagai guru, Gordon Bowker sebagai penulis, dan Zev Siegl sebagai guru, memiliki keinginan untuk membawa kopi terbaik ke Seattle.

    Mereka membuka kafe pertamanya pada tahun 1971 di Pike Place Market dan hanya menjual biji kopi. Baca selengkapnya di sini.

    2. Kapal pemburu Moby-Dick

    via bbc.co.uk

    Sebelum memutuskan untuk memakai nama Starbucks, awalnya Grodon Bowker menyarankan untuk menggunakan nama Pequod. Nama yang diambil dari nama kapal pemburu Moby-Dick.

    Tetapi usulan sang penulis tersebut ditolak oleh sejumlah pendiri pendamping. Hingga akhirnya perusahaan kopi ini diberi nama sesuai nama mualim satu kapal Pequod, Starbuck. Baca selengkapnya di sini.

    3. Putri Duyung Penggoda Penikmat Kopi

    via thenewstribune.com

    Logo wanita yang kerap menghiasi gelas di Starbucks adalah seorang putri duyung legenda bernama Syren. Menurut mitologi Yunani kuno, Syren memiliki suara merdu.

    Logo ini dibuat untuk memikat para penikmat kopi agar tertarik dengan kualitas dan sajian kopi di Starbucks.

    Namun logo pertama banyak mendapat kritik, karena menggambarkan Syren yang telanjang dada. Akhirnya pada tahun 1987 logo pun diubah dengan menurunkan rambut Syren sehingga menutupi bagian dada dan terdapat simbol mercury yang cepat dalam melayani pelanggan. Baca selengkapnya di sini.

    4. Starbucks Buat Wine dan Bir

    via usatoday.com

    Jika kamu berpikir Starbucks hanya menjual kopi, mungkin kamu harus lebih banyak cari tahun tentang perusahaan kopi asal Amerika ini. Di tahun 2012 waralaba ini mengeluarkan ide untuk menjual bir dan anggur pada sejumlah gerai di Atlanta dan daerah selatan California.

    Namun sayangnya ide tersebut tidak mendapat reaksi positif dari penikmatnya. Para warga lokal Amerika menganggap untuk meminum segelas bir atau anggur kurang tepat jika dinikmati di gerai kopi. Baca selengkapnya di sini.

    5. Starbucks Punya Menu Rahasia

    via allwomenstalk.com

    Buat Anda yang sering kongkow di gerai kopi ini, pastinya Anda sudah tak asing lagi dengan menu andalan mereka Americano atau green tea frappucinno.

    Tapi tidak lama, dalam beberapa bulan terakhir, Starbucks ternyata memiliki menu rahasia yang mungkin tak banyak orang yang tau.

    Menu rahasia di Starbucks antara lain Velvet Frappe yang merupakan rasberry chocolate. Minuman ini terdiri dari cokelat putih atau mocha frappucino, dicampur sirup rasberry dan ditambah whiped cream di atasnya. Baca selengkapnya di sini.

    6. Pabrik Terbesar di Dunia

    via fool.com

    Desember 2014 silam, Starbuck baru saja membuka pabrik sekaligus kedai yang terbesar di dunia. Bangunan itu diberi nama Starbucks Reserve Roastery and Tasting Room.

    Sepintas, bangunan ini mengingatkan kita pada film `Charlie and The Chocolate Factory` namun dalam versi kopi. Sepintas mengingatkan kita pada film `Charlie and The Chocolate Factory` namun dalam versi kopi.

    Secara keseluruhan, bangunan ini punya luas 15.000 kaki persegi. Memiliki dua bar kopi, restoran, toko, dan dua lantai `perpustakaan` yang diisi lebih dari 200 volume kopi.

    Pengunjung yang datang tidak hanya dimanjakan dengan nikmatnya secangkir kopi. Melainkan akan melihat banyak teater pertunjukan, semisal proses pembuatan kopi dari tahap awal hingga tertuang ke dalam cangkir. Baca selengkapnya di sini. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES