1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    8 April 2015 09:40

    5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mandi

    Jangan gunakan handuk untuk mengeringkan rambut.

    Feed - Mandi adalah ritual sehari-hari yang membuat kita merasa bersih, segar, dan diremajakan. Namun, sadar atau tidak, kegiatan ini bisa juga berakibat buruk bagi tubuh jika tidak dilakukan dengan benar. Seperti dilansir healthmeup.com, berikut adalah lima kesalahan umum yang dilakukan orang ketika mandi.

    1. Keramas setiap hari

    via darkpebbles.com

    Semakin sering Anda mencuci rambut atau keramas, maka akan semakin banyak minyak yang melekat pada rambut. Hal ini terjadi karena sampo rambut terbuat dari minyak alami sehingga kulit kepala akan memproduksi lebih banyak minyak. Sebaiknya cuci rambut Anda dua atau tiga hari sekali agar minyak alami bisa menjalar hingga ujung rambut yang membuat mahkota kepala Anda tetap sehat.


    2. Mengeringkan rambut dengan handuk

    via urbanewomen.com

    Menggosok rambut hingga kering dengan handuk adalah cara yang salah untuk mengeringkan rambut. Bahayanya, rambut Anda akan rentan mengalami kerusakan. Hindari penggunaan handuk dan coba lakukan beberapa tepukan menggunakan tangan untuk mengeringkan rambut Anda. Tepuk dengan lembut dan biarkan rambut kering secara alami.

    3. Menggunakan scrub setiap hari

    via polimoli.com

    Banyak orang yang keliru dan percaya bahwa luluran dapat melepas kulit mati dan membuang minyak pada tubuh. Kebiasaan ini justru berbahaya karena terlalu sering menggosok kulit bisa menyebabkan kelenjar sebaceous memproduksi minyak lebih banyak.

    4. Mencukur sebelum mandi

    via webmd.com

    Apakah Anda termasuk orang sering kali bercukur sebelum mandi? Mulai sekarang tinggalkan kebiasaan itu. Waktu terbaik untuk mencukur adalah setelah Anda mandi karena air hangat bisa melembutkan rambut Anda dan membuka pori-pori yang memungkinkan Anda mendapat hasil lebih halus.

    5. Tidak membersihkan spons

    via huffingtonpost.com

    Kebanyakan orang menggunakan spons untuk membersihkan diri, tetapi mereka lupa untuk membersihkannya. Hal ini tidak higienis karena membuat bakteri yang ada dalam spons berkembang biak dengan cepat.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES