1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Indra    17 November 2014 19:15

    5 Hal Menarik Tentang Tatto Mentawai yang Perlu Anda Ketahui

    Bagi orang suku Mentawai, tato merupakan busana abadi yang dapat dibawa mati dan berfungsi sebagai alat komunikasi.

    Feed - Tato Mentawai merupakan tradisi seni lukis tubuh bagi suku terasing di kepulauan Mentawai. Keberadaannya terbilang sangat unik dan luar biasa, karena penggunanya memenuhi seluruh tubuh, mulai dari kepala hingga ujung kaki.

    Bagi orang suku Mentawai, tato merupakan busana abadi yang dapat dibawa mati. Tato ini juga berfungsi sebagai alat komunikasi, yaitu untuk menunjukkan jati diri dan untuk perbedaan status sosial dalam masyarakat. Masih banyak hal menarik lainnya tentang tato Mentawai, apa saja itu? Berikut paparannya.

    1. Tattoo Mentawai Dinobatkan Sebagai Seni Tatto Tertua Di Dunia

    Tato yang dibuat oleh masyaralat Kepulauan Mentawai ini dinobatkan sebagai tato yang memiliki umur paling tua di dunia. Keberadaan seni lukis di atas kulit ini lahir lebih dulu dibandingkan dengan tato Mesir yang baru dimulai 1300 SM.

    Suku Mentawai sudah mulai mentato tubuh mereka sejak kedatangannya ke pantai barat Sumatera pada Zaman Logam, 1500 SM – 500 SM. Mereka bangsa Proto Melayu yang berasal dari daratan Asia (Indocina).

    Menurut para peneliti “tato” di Indonesia, Tattoo Mentawai adalah yang tertua di dunia yang lebih dikenal dengan sebutan Titi. Bagi masyarakat Mentawai yang mendiami kepulauan Mentawai di dekat Sumatera, tato merupakan roh kehidupan. Baca selengkapnya di sini.

    2. Tattoo memiliki fungsi sebagai simbol keseimbangan alam

    Berdasarkan tradisi Mentawai, tattoo juga memiliki fungsi sebagai simbol keseimbangan alam. Dalam tradisi orang Mentawai, objek seperti batu, hewan, dan tumbuhan harus diabadikan di tubuh mereka.

    Mereka menganggap semua hal memiliki jiwa. Fungsi lain dari tattoo adalah seni, orang Mentawai menato tubuh mereka sesuai dengan kreativitasnya. Baca selengkapnya di sini.

    3. Membuat tattoo Mentawai harus melalui tiga tahap

    Membuat tattoo di Mentawai tidak semudah membuat tato di studio tattoo pada umumnya. Suku Mentawai melalukakn tiga tahap dalam pembuatannya. Tahap pertama pada saat seseorang berusia 11-12 tahun, dilakukan pentatoan di bagian pangkal lengan. Tahap kedua usia 18-19 tahun dengan menato bagian paha. Tahap ketiga setelah dewasa.

    Proses pembuatan tato memakan waktu dan diulang-ulang. Dan dipastikan akan menimbulkan rasa sakit bahkan menyebabkan efek demam. Baca selengkapnya di sini.

    4. Bahan-bahan dan alat yang digunakan didapat dari alam

    Pembuatan tato pada Suku Mentawai tidak menggunakan mesin, alata yang digunakan masih tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami, seperti kayu karai yang diruncingkan ujungnya serta pewarna yang terbuat dari campuran daun pisang dan arang tempurung kelapa.

    Pigmen karbon alami dari serpihan-serpihan dari jelaga yang bisa didapatkan dari kayu ataupun bambu yang terbakar ataupun jelaga dari tungku pembakaran masakan (yang menggunakan kayu bakar tentu saja) yang dicampur dengan air perasan batang tebu.

    Kedua bahan tersebut dicampur dalam tempurung kelapa sebagai mangkok tinta tattoo yang kemudian dibawa ke seorang Sikerei (shaman/dukun adat) untuk memimpin ritual tattoo. Baca selengkapnya di sini.

    5. “Sipatiti” (artis tattoo) dibayar dengan seekor babi

    Sipatiti adalah sebutan untuk sang pembua tattoo atau lebih modernnya tattoo artist. Kalau di kota-kota besar sang pembuat tattoo dibayar menggunakan uang. Khusus untuk di Mentawai, Sipatiti hanya dibayar menggunakan seekor babi.

    Sebelum tato dilakukan, diatur Upacara pertama dipimpin oleh Sikerei di Puturukat (galeri milik sipatiti). Tubuh sesorang yang akan ditattoo terlebih dulu digambar dengan tongkat. Sketsa pada tubuh kemudian ditusuk menggunakan jarum kayu dan dipukul perlahan-lahan dengan tongkat kayu untuk memasukkan pewarna ke dalam lapisan kulit. Pewarna yang digunakan adalah campuran daun pisang dan arang tempurung kelapa. Baca selengkapnya di sini.

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES