1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Zika    8 Juni 2015 11:56

    5 Hal Ini Akan Selalu Diingat Anak Anda

    Apa pun yang terjadi di masa kanak-kanaknya, akan meninggalkan bekas yang bertahan hingga ia dewasa nanti.

    Feed - Anak ibarat semen basah yang siap dicetak. Apa pun yang terjadi di masa kanak-kanaknya, akan meninggalkan bekas yang bertahan hingga ia dewasa nanti. Lima hal berikut adalah yang paling akan diingatnya. Pergunakan momen Anda sebaik-baiknya sebagai orangtua untuk meninggalkan cetakan yang berkesan baik untuknya kelak.

    1. Momen Anda membuat mereka merasa aman
    Momen ini juga bisa kebalikannya di mana Anda membuat dia merasa tidak aman. Anak Anda akan ingat masa di mana Anda mengusir binatang yang menakutkan baginya, mengejar monster yang tidak ada, atau hanya menemaninya kala tidur.

    Tapi mereka juga akan ingat momen Anda berubah menjadi monster karena kesalahan yang ia lakukan. Adalah keputusan Anda untuk membuat ia mengingat momen yang mana.

    2. Masa Anda memberinya perhatian
    Anak mengukur kasih sayang berdasarkan perhatian yang diberikan padanya. Jika Anda menghentikan kebiasaan-kebiasaan kecil bersamanya, ia akan mengingat momen itu. Contoh, kala Anda tidak mau lagi bermain bola bersamanya di halaman. Cobalah sisihkan waktu untuk bisa bersamanya karena momen itulah yang akan berkesan baginya.

    3. Cara Anda berinteraksi dengan pasangan
    Anak akan membentuk opininya mengenai cinta dan kasih sayang dengan melihat cara orangtuanya berinteraksi satu sama lain. Berusahalah menciptakan kehidupan pernikahan tenteram yang nantinya akan mendorong mereka memiliki hubungan yang berkomitmen, penuh kasih, dan saling hormat.

    4. Kalimat tegas dan kritik
    Bagian dari tugas orangtua adalah menegakan disiplin dan koreksi pada perilaku anak. Tapi ingat, kalimat penegasan dan kritik yang Anda sampaikan haruslah penuh tanggung jawab dan cinta kasih. Kritik yang penuh kebencian hanya akan membuatnya merasa kerdil dan terbawa hingga dewasa kelak.

    5. Tradisi keluarga
    Kebiasaan-kebiasaan kecil keluarga Anda akan selalu terngiang di pikirannya. Seperti contohnya kebiasaan Anda berlibur ke satu tempat tertentu atau jam bangun yang lebih siang di hari libur. Cobalah ciptakan kebiasaan yang nantinya akan bisa mereka wariskan ke anak-cucunya.

    Baca juga: 

    Senyum Tipis Para Bayi Ini Bikin Hati Lebur

    Cara Cerdas Kurangi Asupan Gula Pada Anak

    4 Perbuatan Ini Membuat Anak Sedih

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES