1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. E
  6.  » 
  7. ENTERTAINMENT


  8. Reporter : Indra    7 Desember 2014 11:05

    5 Fakta Menarik Google

    Selama perjalanannya, Google punya cerita yang menarik. Kantor yang berawal dari garasi, hingga denda karena dada wanita, mengiringi perjalanan suksesnya.

    Feed - Pengguna internet sudah tidak asing lagi dengan salah satu situs yang akrab disebut dengan ‘Mbah Google’. Menjadi situs pencarian terbesar di dunia, Google berhasil menjaring para penggunanya dengan rata-rata 40.000 permintaan pencarian setiap detiknya. Tak heran jika di tahun 2013 kemarin Google meraih pendapatan hingga $ 60 miliar.

    Selama perjalanannya, Google tak hanya menjadi sebuah situ jasa pencarian saja. Google kerap kali berinovasi dengan meluncurkan sebagian produk demi memberikan kenyaman penggunanya mulai dari iklan sampai hiburan.

    Tentunya selama berdiri pada tahun 1998, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini tak lepas dari sejumlah fakta menarik yang mengiringi di dalamnya. Bagaimana kisah perusahaan besar dunia ini? Berikut 5 fakta menarik yang tidak kamu ketahui tentang Google.

    1. Lahir karena Typo

    Siapa sangka penggunaan nama perusahaan besar sekelas Google ini lahir akibat ketidaksengajaan. Seperti dilansir therichest.com, di tahun 1996 para pelopor Google sedang mendiskusikan sebuah nama baru untuk situs pencarian yang selama ini telah mereka kerjakan.

    Sean Anderson, salah satu pelajar asal Standford menyarankan Larry Page (CEO Google) untuk menggunakan nama "googolplex". Untuk lebih singkat, nama "Googol" pun dipilih untuk didaftarkan sebagai domain.

    Namun pada saat pengecekan sebuah domain, Anderson pun keliru dengan meregistrasi dengan domain "google.com", hingga akhirnya Google pun terdaftar di dunia maya hingga detik ini menjadi perusahan besar dunia. Baca selengkapnya di sini.

    2. Garasi 20 Meter Persegi

    Menengok jauh kebelakang sebelum kantor Google menjadi sebuah tempat bekerja yang mewah dan menyenangkan, awal kantor Google hanyalah bangunan hasil pinjaman seorang kawan dari Lary bernama Wojcicki.

    Jauh dari kata mewah, bangunan ini adalah sebuah garasi yang hanya memiliki luas bangunan 20 meter persegi. Selang 5 bulan kemudian, ternyata peruhaan ini kian besar dan membutuhkan ruang yang lebih besar. Baca selengkapnya di sini.

    3. Kena Denda 

    Perusahaan situs pencarian terbesar dunia ini juga tak lepas dari masalah. Produk terbaru mereka untuk menyempurnakan fitur Google Maps ternyata membawa petaka bagi Google. Hal ini terjadi ketika Pengadilan di Quebec, Kanada, menjatuhkan hukuman denda kepada Google untuk membayar sejumlah uang kepada seorang wanita di Kanada.

    Alasannya, wanita yang diketahui bernama Maria Pia Grillo mengaku dirugikan dan depresi. Ini karena fitur terbaru mereka yang mengekspose bagian privasi wanita dalam foto yang dipakai di layanan Google Street View.

    Maria menuntut uang ganti rugi kepada Google sejumlah 45.000 dollar AS (sekitar Rp 550 juta), sebagai kompensasi. Dia stres karena foto itu sempat dijadikan bahan ejekan oleh rekan kerjanya di sebuah bank terkenal di Kanada. Baca selengkapnya di sini.

    4. Balon Udara

    Demi memberi kenyamanan dan kemudahan penggunanya untuk mengakses internet, Google melakukan sebuah gerakan yang disebut dengan Project Google Loon. Project ini dilakukan untuk mengatasi masalah permasalahan yang menghalangi penyebaran internet. Contohnya, seperti hutan yang sulit ditembus, gunung, dan pulau-pulau yang terpisah oleh lautan.

    Nantinya balon-balon yang melintasi dunia ini akan tersambung ke menara internet service provider (ISP) di darat. Karena menggunakan panel surya, balon-balon tersebut tidak memerlukan bahan bakar untuk beroperasi.

    Dalam pengoperasiannya, Project Loon bisa memberikan koneksi internet nirkabel pada area dengan diameter 40 km. Kecepatan transfer data yang dihasilkan disebut bisa setara dengan "koneksi 3G". Baca selengkapnya di sini.

    5. `Arena` Bermain

    Tidak salah jika Google dijadikan situs pencarian nomor satu dunia. Beberapa fitur atau produk yang mereka perkenalkan ke khalayak banyak terbukti sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari. Google translate misalnya, fitur yang satu kerap kali membantu seseorang yang memiliki keterbatasan penguasaan bahasa asing.

    Tak hanya itu, Google juga kerap kali memberikan kejutan dalam situsnya. Hal sederhana yang sering kita lihat yakni doodle Google selalu berganti tiap perayaan besar tertentu. Bahkan ada satu kejutan yang mungkin belum banyak yang tahu, bahwa Google menyisipkan sebuah permainan pada engine pencarian gambar.

    Google memasukkan game Atari Breakout di dalam Google Image Search untuk merayakan ulang tahunnya yang ke 37. Caranya cukup mudah, hanya dengan memasukkan keyword "atari breakout" ke dalam tab search. Baca selengkapnya di sini. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES