1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERISTIWA


  8. Reporter : Zika    14 April 2015 12:41

    4 Hal yang Menghilang dari Muka Bumi

    Hal kecil ini menghilang dari kehidupan sehari-hari manusia.

    Feed - Suka atau tidak, semua sumber daya pada akhirnya akan habis. Jumlah manusia yang menggunakannya selalu bertambah sementara belum ada solusi jangka panjang yang bisa menggantikan seluruh sumber daya itu. Sumber daya yang dimaksud bukan hanya minyak dan gas bumi, namun hal-hal kecil yang biasa dilihat dalam kehidupan sehari-hari.

    Pisang
    Buah nikmat dengan ragam manfaat kandungan gizi ini tumbuh subur di wilayah Amerika Latin, Asia, dan Afrika. Namun, pertumbuhannya tersendat akibat serangan jamur bernama Tropical Race 4 yang mengambil semua nutrisi yang dibutuhkan pisang dari dalam tanah. (Baca juga: Pisang Redakan Nyeri Datang Bulan). 

    Lebah
    Serangga kecil ini mati secara masif ketika terjadi sebuah fenomena bernama Colony Collapse Disorder (CCD). Ini membuat populasi lebah di AS saja turun hingga 36 persen, belum termasuk di negara-negara lain. Padahal kehadiran lebah sangatlah penting untuk keberlangsungan pohon dan tanaman di dunia. Lebah adalah pembawa serbuk sari yang baik sehingga memungkinkan pohon dan tanaman untuk berkembang baik.

    via ciricara.com

    Ikan sarden
    Sarden menghilang dari habitatnya di Pasifik Utara setelah terjadi penurunan suhu yang cukup signifikan. Padahal sarden merupakan spesies yang hidup di air hangat. Perubahan suhu air akibat pemanasan global ini juga memengaruhi ukuran ikan yang biasa ditangkap oleh nelayan setempat.

    via www.tripadvisor.com

    Pasir
    Anda yang tinggal di wilayah perkotaan mungkin tidak menyadari ini. Tapi mereka yang hidup di wilayah pesisir sangatlah merasakan hilangnya pasir dari pandangan mata. Pasalnya, pemanasan global menyebabkan peningkatan level air laut sehingga pasir pun tersembunyi di bawahnya. Hal ini belum ditambah dengan meningkatnya aktivitas manusia di pasir berpantai, termasuk pendirian hotel mewah, lounge, dan restoran. Diperkirakan sekitar 70 hingga 90 persen pasir menghilang dari muka bumi.

    Lihat juga: Mengenal Dekat si Papan Arwah

    5 Alasan Sebaiknya Anda Stop Naik Lift

    Para Artis ini Berikhtiar Tapi Berujung Gulung Tikar

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES